IBL

Skema kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 mengharuskan setiap tim peringkat ketiga dari masing-masing grup bertanding kembali untuk memperebutkan empat tiket ke babak utama. Sementara Indonesia, sebagai peringkat tiga di Grup A, sudah pasti lolos ke babak utama karena berstatus tuan rumah. Jadi mereka tetap ikut di Kualifikasi Terakhir, namun hasilnya tidak akan berpengaruh tiket yang sudah didapatkan.

Informasi tersebut dibagikan oleh Manajer Timnas Indonesia, Maulana Fareza Tamrella. Mekanisme kualifikasi mengharuskan Indonesia tetap tampil di fase terakhir ini. Namun tidak berpengaruh pada hasil akhirnya. Oleh karena itu, Indonesia bakal memanfaatkan kualifikasi ini untuk mematangkan strategi menyambut babak utama nanti.

"Menanggapi skema yang diterapkan FIBA, kami sangat menghargai keputusan tersebut. Bagi kami, Final Qualifiers tersebut akan digunakan sebagai uji tanding terakhir, sebelum dimulainya babak utama FIBA Asia Cup 2021," ucap Fareza kepada Mainbasket, Senin siang, 21 Juni 2021.

Turnamen Kualifikasi Terakhir ini masih menggunakan sistem grup dan round-robin. Enam tim dibagi menjadi dua grup dan akan saling bertemu satu sama lain. Pembagian grup berdasarkan pada kriteria geografis masing-masing negara.

Berikut pembagian grup untuk Kualifikasi Terakhir FIBA Asia Cup 2021:
Grup A: Indonesia, Taiwan, dan Guam
Grup B: India, Arab Saudi, dan Palestina

Di Grup B, masih tetap seperti kualifikasi normal. Artinya, siapa saja yang jadi juara dan runner-up grup, akan mendapatkan tiket ke babak 16 Besar. Sementara itu, ada pengecualian untuk Grup A. Di grup ini, kalau Indonesia berada di posisi satu atau dua, maka tidak ada masalah. Namun kalau Indonesia ada di peringkat ketiga, maka yang berhak lolos ke 16 Besar hanya juara grup saja.

Timnas Indonesia sendiri berencana memulai pemusatan latihan langsung setelah pulang dari Filipina. Akan ada penambahan pemain yang bakal mengikuti pemusatan latihan jelang FIBA Asia Cup 2021.

"Ada evaluasi dari Window 3 lalu. Pastinya, timnas berencana menambah porsi latihan teknik. Rencananya kami juga akan memanggil beberapa pemain untuk mengikuti pemusatan latihan ini. Tujuannya agar semakin banyak pilihan pemain," imbuh Fareza.

Timnas Indonesia berhasil menyelesaikan seluruh rangkian Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Dari enam pertandingan, Indonesia menang dua kali. Kemenangan tersebut diraih dengan mengalahkan Thailand dua kali. Sementara, Indonesia menyerah dari Filipina dan Korea. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar