IBL

Indonesia meraih kemenangan pertama di FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers, dengan mengalahkan Thailand, 90-76, di Manama, Bahrain, Sabtu malam, 28 November 2020. Kepala pelatih timnas Indonesia, Rajko Toroman menyebut bahwa masalah timnya sudah teratasi. Kini Indonesia punya potensi dan bisa bermain lebih baik.

Dalam sesi wawancara usai pertandingan tadi malam, Toroman mengatakan sangat sulit bertanding melawan Thailand. Khususnya di babak pertama, saat Thailand memainkan zone defense. Menurut Toroman, lawan juga pernah melakukan hal yang sama, saat bertanding di SEA Games 2019 Manila. Tetapi berdasarkan pengalaman tersebut, Indonesia akhirnya bisa membongkar pertahanan Thailand.

Toroman juga bilang bahwa akurasi timnya kurang baik di awal. Banyak peluang terbuka untuk membuat tembakan, namun gagal dimanfaatkan dengan baik.

"Tim lawan sangat hebat dalam bertahan. Kami pernah kalah di SEA Games. Ditambah lagi di awal kami tidak bermain sesuai rencana. Thailand tim yang punya sistem permainan bagus. Tetapi saya senang bisa mencetak kemenangan perdana di kualifikasi ini," kata Coach Toro.

Toroman menyinggung soal masalah timnas Indonesia di Window pertama lalu. Mereka tidak punya pemain tinggi. Kehadiran Lester Prosper sangat menguntungkan bagi timnas. Toroman yakin tim Indonesia bisa bermain lebih baik dari sebelumnya. Pelatih asal Serbia tersebut juga berkata bahwa basket Indonesia memasuki babak baru. Mereka kini lebih kuat dibandingkan Window 1, bulan Februari 2020 lalu.

"Lester sudah mendapatkan paspor, Brandon juga sudah bisa bermain. Mereka dua pemain penting bagi tim Indonesia sekarang," kata Toroman. "Saya sangat senang dengan kemenangan pertama ini. Sebab ini jadi langkah pertama kami untuk bisa bermain lebih baik. Sekarang kami punya potensi. Kami punya size yang menjadi masalah di tim ini sebelumnya. Tim ini bisa bermain lebih baik dari sebelumnya."

Brandon Jawato bermain selama 31 menit di gim tersebut. Dia mencetak 22 poin, 8 rebound, 8 asis, dan 1 steal. Sementara Lester Prosper mencetak 19 poin, 13 rebound, 2 asis dan 2 steal dalam 34 menit di lapangan.

Toroman berharap Indonesia bisa merebut kemenangan di sisa tiga gim pada babak kualifikasi. Indonesia dijadwalkan bermain melawan Korea, Filipina dan sekali lagi bertemu Thailand. Tiga gim tersebut akan diselenggarakan pada bulan Februari 2021. Target besarnya, timnas Indonesia ingin tampil di babak utama FIBA Asia Cup 2021. (tor)

Foto: FIBA

Komentar