IBL

FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers (Kualifikasi Piala Asia FIBA 2021) untuk window 2 akan digelar pada 27-30 November 2020. Pertandingan Grup A dan D akan dimainkan di Manama, Bahrain. Timnas Indonesia hanya akan bertanding melawan Thailand pada 28 November mendatang.

Window 2 atau jendela kedua Kualifikasi Piala Asia FIBA 2021 hanya diikuti oleh Grup A, D, dan E saja. Sedangkan untuk Grup B, C, dan F, serta timnas Korea tidak akan bermain di bulan November ini. Kemungkinan besar, laga-laga yang ditunda akan dimainkan di window 3 pada 18-22 Februari 2021 mendatang.

FIBA sudah menghapus sistem home-and-away di babak kualifikasi ini. Sebagai gantinya, jendela November dan Februari akan dimainkan di "gelembung". Ini karena pertimbangan situasi pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia.

Untuk timnas Indonesia sendiri, pada awalnya dijadwalkan bertanding melawan Thailand dan Korea di window 2. Tetapi awal bulan November lalu, Korea mengumumkan tidak ikut berangkat ke Bahrain. Mereka menganggap bahwa Bahrain bukan zona aman Covid-19.

Kemudian ada wacana perubahan jadwal seperti yang diberitakan media-media sosial. Perubahan tersebut menyebut bahwa Indonesia dijadwalkan bertemu Filipina, sebagai ganti pertandingan lawan Korea. Ternyata perubahan itu tidak terjadi. Karena semua pertandingan melawan Korea ditunda. Sedangkan Filipina tetap dijadwalkan melawan Thailand dua kali.

Berikut jadwal FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers window 2:

Seperti yang pernah disampaikan Fareza Tamrella, selaku manajer timnas Indonesia, bahwa bila semua pertandingan Korea ditunda, maka Indonesia punya beban lebih berat di window 3. Karena pada bulan Februari nanti, Indonesia akan bertanding tiga kali, yaitu melawan Thailand, Filipina, dan Korea. Jadi penundaan tersebut sedikit merugikan bagi timnas Indonesia. Hanya saja, timnas Indonesia tetap menghormati apa yang menjadi keputusan FIBA.

Baca Juga: Korea Absen di Kualifikasi Piala Asia FIBA, Untung-Ruginya buat Indonesia

Untuk format kompetisi di babak kualifikasi masih sama. Dua urutan teratas dari masing-masing grup, akan langsung masuk ke babak utama. Sedangkan peringkat ketiga masing-masing grup (enam negara), akan bertanding lagi untuk memperebutkan empat tiket di babak utama.

Indonesia saat ini berada di peringkat ketiga klasemen Grup A. Rekor pertandingan Indonesia adalah 0-2. Untuk sekarang, Indonesia masih punya sisa empat pertandingan di babak kualifikasi. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar