IBL

Kembalinya penonton dengan jumlah yang lebih banyak ke arena-arena NBA, membawa kegembiraan dan energi yang besar. Khususnya di babak playoff 2021. Tetapi belakangan malah menimbulkan masalah. Mereka sering berperilaku buruk di arena, seperti yang dialami Trae Young dan Russell Westbrook. Akhirnya NBA mengeluarkan pedoman untuk penonton.

Pada Rabu malam, seorang penggemar di Philadelphia menuangkan popcorn ke kepala bintang Washington Wizards Russell Westbrook saat ia meninggalkan lapangan di Wells Fargo Center karena cedera pergelangan kaki. Di New York, seorang penggemar meludahi garda Atlanta Hawks Trae Young, saat bertanding melawan Knicks, di Madison Square Garden.

"Ada hal-hal yang sudah melewati batas," kata Westbrook kepada wartawan setelah pertandingan.

Setelah kejadian tersebut, para penggemar yang berperilaku buruk sudah mendapat hukuman. Shams Charania dari The Athletic, pada Kamis malam, manajemen Philadelphia 76ers mengumumkan bahwa penggemar yang menuangkan popcorn, tiketnya sudah dicabut. Sementara pihak Knicks juga melarang penggemar yang meludah ke Trae Young, tidak bisa datang ke arena lagi. 

"Kami meminta maaf kepada Trae dan tim Atlanta atas perilaku penggemar," tulis manajemen Knicks. "Ini tidak bisa diterima dan tidak ada toleransi dari kami. Kami sudah menyerahkan laporan kepada pihak yang berwenang."

Para pemain NBA juga bereaksi terhadap dua peristiwa tersebut, termasuk bintang Los Angeles Lakers, LeBron James. Dalam akun twitter pribadinya, LeBron menulis "Ngomong-ngomong, kami sebagai pemain, ingin melihat siapa yang melempar popcorn ke Russ, saat dia meninggalkan pertandingan karena cedera."

Menanggapi situasi tersebut, NBA mengeluarkan pedoman untuk penonton pada Kamis, 27 Mei, waktu Amerika Serikat. Dalam pedoman ini, penonton diminta untuk berlaku profesional dan sopan terhadap pemain dan tim, baik itu tuan rumah atau tim tamu. Penonton juga tidak boleh melempar benda atau mencoba memasuki lapangan. Sebagai hukumannya, mereka akan langsung dikeluarkan dari arena.

Penonton yang melanggar pedoman tersebut tidak hanya dikenakan hukuman oleh liga atau manajemen tim saja, seperti dikeluarkan dari arena, pencabutan tiket musiman, dan dilarang datang ke arena. Bahkan kalau pelanggaran tersebut dinilai melewati batas, maka bisa dilakukan penangkapan oleh pihak berwajib. (tor)

Foto: New York Times

Komentar