IBL

Timnas Basket Indonesia akan memanaskan mesin jelang Piala Asia FIBA (FIBA Asia Cup) 2021, bulan Agustus mendatang. Recananya, timnas Indonesia akan berlatih pada awal bulan Mei mendatang. Namun dalam pemusatan latihan kali ini, Youbel Sondakh didapuk sebagai pemimpin dalam pemusatan latihan ini. Sebab, Rajko Toroman baru merapat ke Indonesia setelah playoff IBL 2021.

"Rencananya, latihan di awal Mei nanti dengan pemain-pemain muda. Pemain yang dipanggil nanti gabungan antara Indonesia Patriot 2021, dengan pemain senior," ungkap Fahreza Tamrela, selaku manajer timnas, seperti dikutip dari rilis PP Perbasi.

Untuk tahapan awal, PP Perbasi memanggil semua pemain Indonesia Patriots yang baru menyelesaikan tugasnya di IBL 2021. Tim ini memang sengaja dibentuk sebagai percepatan prestasi timnas Indonesia proyeksi FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023. Sementara itu, nantinya ada satu timnas lagi yang berisi pemain senior. Saat ini para pemain senior ada yang masih membela klubnya, karena masuk babak playoff di IBL 2021.

Dijelaskan Fareza, latihan nanti sementara akan dipimpin asisten pelatih timnas Youbel Sondakh. Sebab kepala pelatih Rajko Toroman masih berada di Serbia. Toroman akan datang setelah playoff IBL usai, kemungkinan pada 6 Juni 2021 mendatang.

"Selepas playoff IBL, latihan akan dipimpin Rajko Toroman. Pemain yang kami panggil tentu yang akan dipersiapkan untuk FIBA Asia Cup Window 3," lanjut Mocha, sapaan akrabnya.

Timnas tidak punya banyak waktu untuk persiapan turnamen kualifikasi Piala Asia FIBA 2021 untuk jendela ketiga. Karena bila melihat jadwal, sejak selesai IBL sampai pertandingan timnas Indonesia, maka hanya punya waktu kurang lebih 10 hari. (tor)

Baca juga: Jadwal Kualifikasi Piala Asia FIBA Fase Terakhir Sudah Diumumkan

Foto: Hariyanto - IBL Indonesia

Komentar