IBL

Jadwal pertandingan babak kualifikasi Piala Asia FIBA (FIBA Asia Cup) 2021 untuk Window 3 sudah diumumkan secara resmi. Secara keseluruhan turnamen kualifikasi fase ketiga tersebut berlangsung 12 hingga 20 Juni mendatang. Indonesia akan menjalani tiga pertandingan tersisa di jendela ketiga nanti.

FIBA membagi Window 3 dalam dua tempat penyelenggaraan. Untuk Grup A, B dan C akan berlangsung di Clark City, Filipina pada 16-20 Juni 2021. Tempat ini sebenarnya seperti rencana awal pada bulan Februari lalu, namun saat itu dibatalkan karena pembatasan penerbangan dari pemerintah Filipina. Kemudian untuk Grup E dan F akan bermain di Amman, Yordania, pada 12-14 Juni 2021. Sementara, jadwal yang masih tertunda adalah Australia, Selandia Baru, Malaysia dan Sri Lanka. Mereka belum punya tuan rumah untuk menyelenggarakan jendela ketiga.

Setelah Window 3 berakhir pada pertengahan bulan Juni nanti, maka akan ada 12 negara yang dipastikan lolos ke babak utama. Mereka akan tampil di FIBA Asia Cup 2021 di Jakarta. Tetapi sebelum babak utama dimulai, akan ada penyisihan terakhir. Ini adalah turnamen yang diikuti oleh enam tim yang berada di peringkat ketiga masing-masing grup. Mereka akan memperebutkan empat tiket tersisa. Jadi peserta untuk babak utama nanti ada 16 tim atau negara.

Babak penyisihan terakhir dari enam tim ini akan berlangsung di Jakarta pada 12-14 Agustus. Sedangkan babak utama sendiri akan dimulai pada 16 hingga 28 Agustus 2021. Venue yang akan dipakai nanti adalah Istora Senayan, Jakarta.

Bagi Indonesia, turnamen Window 3 atau penyisihan terakhir ini tidak akan berpengaruh. Sebab, Indonesia sudah dinyatakan lolos sebagai tuan rumah. Dengan begitu, apa pun hasilnya nanti, Indonesia tetap akan bertanding di babak utama. Namun timnas Indonesia tidak ingin memanfaatkan situasi. Mereka akan tetap berjuang untuk mendapatkan tiket tersebut sesuai dengan fase-fase yang telah ditentukan dalam kualifikasi ini.

Pada jendela ketiga, Indonesia akan berhadapan dengan Korea pada 17 Juni. Setelah itu, Indonesia bertanding melawan Filipina pada 19 Juni, dan yang terakhir melawan Thailand pada 20 Juni 2021. Sementara ini, Indonesia berada di peringkat ketiga dengan rekor pertandingan 1-2. Indonesia kalah 76-109 atas Korea, menyerah 70-100 dari Filipina, namun berhasil menang 90-76 dari Thailand. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar