IBL

Tim Esports Bola Basket Indonesia menembus babak semifinal pada gelaran FIBA Esports Open III 2021 untuk zona Asia Tenggara. Bertanding di Grup 2, Indonesia menang atas Mongolia dan Sri Langka dan menjadi pemimpin klasemen. Indonesia akan berhadapan dengan Vietnam di Round 1 Playoff atau babak semifinal.

Turnamen tersebut digelar mulai 16 April - 9 Mei 2021. Ada 60 tim yang terbagi menjadi delapan zona atau konferensi. Indonesia masuk zona Asia Tenggara bersama Mongolia, Sri Lanka, Filipina, Vietnam dan Maladewa.

Timnas Esports Basket Indonesia diperkuat tujuh pemain yaitu Nabil (INA_DogsEyes), Abrori (INA_ LeBror), Amadeo (INA_C2S), Daniel Wenas (INA_Lordie), Sulthan (INA_TrulyAs), Jeremy (INA_GoodBoy), dan Kevin (INA_Mannuel). Mereka di bawah arahan pelatih Roy Manella.

Di babak penyisihan Indonesia mengalahkan Mongolia dengan skor 56-44, dan Sri Lanka 121-36. Kemenangan tersebut membawa mereka masuk ke semifinal zona Asia Tenggara dan akan berhadapan dengan Vietnam sebagai runner-up Grup 1. Semifinal akan diselenggarapan pada Sabtu malam, 17 April 2021.

"Kami sudah mempejari lawan (Vietnam). Kami juga sudah pernah bertemu dalam pertandingan uji coba dengan mereka. Jadi kami sudah siapkan strategi, khususnya defense saat melawan mereka nanti," kata Daniel Timothy Wenas, pemain timnas Esports yang sekaligus pemain tim Bali United Basketball.

Pencapaian ini diharapkan bisa menjadi motivasi bagi semua atlet Esports khususnya bola basket untuk menapaki posisi yang lebih tinggi. Mengingat, potensi itu terbuka. Asalkan, semua mau mengasah diri dengan serius dan konsentrasi tinggi.

"Ini capaian luar biasa bagi kita setelah tahun lalu hanya bersaing di penyisihan grup. Peningkatan ini hasil dari persiapan yang lebih matang dan belajar dari pengalaman. Kami juga tidak takut meski harus berhadapan dengan Filipina nanti," pengurus PP Perbasi Bidang Esports, Erlangga Putra.

Semua pertandingan, seperti edisi sebelumnya, akan disiarkan langsung di saluran Facebook, Twitch, dan YouTube FIBA. Popularitas FIBA Esports Open terlihat jelas, dengan 17 tim nasional telah mengikuti kompetisi esports perdana pada Juni lalu, kemudian meningkat jadi 38 tim di FIBA ​​Esports Open II, dan yang terakhir di edisi ketiga ada 60 negara yang berpartisipasi. (tor)

Foto: PP Perbasi

Komentar