IBL

Anthony Edwards perlahan tapi pasti menunjukkan kepada dunia bahwa ia memang layak menjadi pilihan pertama NBA Draft 2020. Kamis, 18 Maret 2021, waktu setempat, pemain yang akrab disapa Ant ini memimpin Minnesota Timberwolves mengalahkan Phoenix Suns 123-119 di PHX Arena, Phoenix, Arizona, Amerika Serikat.

Tak sekadar memimpin, Ant tampil trengginas di gim ini. Selama 38 menit, ia mencetak 42 poin, 7 rebound, dan 3 asis dari 15/31 tembakan (48 persen). Catatan poin ini jadi yang tertinggi sepanjang kariernya yang benar-benar baru dimulai musim ini di NBA. Ant juga lantas memecahkan rekor organisasi Timberwolves sebagai ruki dengan poin terbanyak dalam satu gim. Rekor sebelumnya dipegang oleh Zach LaVine dengan 37 poin. Atas hal ini pula, Ant jadi pemain Timberwolves pertama yang mampu mencetak 40 poin dalam satu gim di musim pertamanya.

Ant juga lantas mengukir namanya di beragam rekor-rekor lain. Ia jadi pemain pilihan pertama NBA Draft ketiga yang mampu mencetak 40 poin di musim debutnya dalam 20 musim terakhir. Pemain pilihan pertama terakhir yang mampu melakukan hal tersebut adalah Blake Griffin. Blake bahkan melakukannya dua kali dalam semusim. Satu nama lainnya adalah LeBron James.

Bersama LeBron, Ant juga masuk daftar sejarah lainnya. Ia jadi pemain termuda ketiga dalam sejarah NBA yang mampu mencetak 40 poin di satu gim. Ant hanya kalah muda dari LeBron dan Kevin Durant, dua pemain yang mampu mendominasi liga di satu dekade terakhir. Ketiganya masih berusia 19 tahun saat mencetak sejarah ini. Ketiganya hanya dibedakan hari. LeBron 19 tahun 88 hari, KD 200 hari, sedangkan Ant 225 hari.

Tak hanya mengukir sejarah untuk dirinya sendiri, Ant juga mengukir sejarah bersama Karl-Anthony Towns. Di gim ini, pemain dengan akronim KAT tersebut juga berhasil menyentuh 40 poin, lebih tepatnya ia mencetak dobel-dobel 41 poin, 10 rebound, dan 8 asis. Keduanya jadi duet ke-14 sepanjang sejarah NBA yang mampu mencetak masing-masing 40 poin dalam satu gim.

Sejak 2010, hanya ada lima tandem pemain yang mampu membukukan catatan ini. Menariknya, Ant bukanlah pasangan pertama KAT dalam mencetak sejarah seperti ini. Sebelumnya ia pernah melakukan hal serupa dengan Andrew Wiggins. Selain dua tandem yang melibatkan KAT, ada duet KD dan Russell Westbrook yang melakukannya tiga kali. Westbrook juga lantas melakukannya kembali saat bertandem dengan Paul George. Tak berhenti di situ, Paul George juga melakukannya lagi saat bersama Kawhi Leonard.

Sungguh menarik melihat segala torehan Ant hari ini. Perlahan tapi pasti, ia mulai mengejar LaMelo Ball untuk persaingan ruki terbaik musim ini. Di sisi lain, apa yang ditunjukkan Ant sepanjang musim ini seolah berkah untuk Timberwolves. Meski tim ini barumeraih 10 kemenangan dalam 41 gim, setidaknya mereka tahu bahwa mereka bisa bergantung kepada Ant dan KAT di masa mendatang. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar