IBL

Portland Trail Blazers menjamu New Orleans Pelicans di Moda Center, Portland, Oregon, Amerika Serikat, Selasa, 16 Maret 2021, waktu setempat. Meski bertindak sebagai tamu, Pelicans tampil dominan di gim ini. Bahkan, mereka sempat membuka jarak hingga 17 poin (jarak terbesar) di sisa enam menit pertandingan. Sayangnya, enam menit tersisa tersebut ternyata membawa petaka untuk Pelicans. Blazers bangkit dengan total mencetak 25 poin dan hanya berbalas 7 poin untuk kemenangan 125-124.

Pemimpin kebangkitan ini tidak lain dan tidak bukan adalah seorang Damian Lillard. Dalam 25 poin yang diciptakan Blazers untuk bangkit tersebut, Lillard terlibat di 18 di antaranya, entah sebagai pencetak angka atau pemberi asis. Lillard total mengemas dobel-dobel 50 poin, 6 rebound, dan 10 asis di gim ini dan 20 poin di antaranya datang di kuarter empat. Catatan yang hanya berselisih sembilan poin dari keseluruhan poin Pelicans di kuarter empat.

Tak hanya produktif, pemain yang akrab disapa Dame ini juga efektif. Ia memasukkan 13/20 tembakan (65 persen), termasuk di dalamnya 6/13 tripoin (46 persen). Dame adalah pemain paling produktif kedua sejak 1983 dengan percobaan 20 tembakan atau kurang di satu gim. Willie Burton, pemain Philadelphia 76ers jadi yang terdepan di rekor ini dengan 53 poin dari 20 percobaan tembakan.

Tak berhenti di situ, Dame juga sempurna dari tembakan gratis. Mendapatkan 18 percobaan, seluruhnya berhasil ia masukkan. Termasuk di dalamnya adalah dua tembakan gratis yang menentukan kemenangan Pelicans setelah Nickeil Alexander-Walker melakukan turnover di satu penguasaan bola sebelumnya.

Ini adalah kali ke-12 Dame mencetak setidaknya 50 poin sepanjang kariernya. Di barisan pemain aktif, hanya ada nama James Harden yang memiliki catatan 50+poin lebih banyak dari Dame dengan 23 kali. Namun, Dame memiliki catatan khusus yang unggul dari Harden. Di dua musim terakhir, Dame mencetak tiga kali dobel-dobel dengan 50+poin dan 10+ asis. Di kurun waktu yang sama, hanya ada nama Nikola Jokic yang mampu membukukan catatan demikian, itupun hanya sekali.

Hasil ini membuat Blazers kembali ke jalur kemenangan pascakekalahan atas Minnesota Timberwolves di gim sebelumnya. Blazers masih membayangi Denver Nuggets untuk merebut peringkat lima klasemen sementara Wilayah Barat. Blazers dan Nuggets memiliki rekor menang-kalah yang identik dengan (23-16).

Kedua tim akan kembali bertemu di tempat yang sama, lusa, waktu setempat. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar