IBL

IBL 2021 akan bergulir dua hari lagi. Namun beberapa pemain sudah dinyatakan absen atau tidak bakal tampil membela klubnya musim ini. Setidaknya dari informasi awal, ada enam pemain yang tidak bertanding musim ini.

Enam pemain tersebut adalah Nuke Tri Saputra (Bank BPD DIY Bima Perkasa), Daniel Timothy Wenas (Bali United Basketball), Stefan Wilfredo Neno (Amartha Hangtuah), Brandon Van Dorn Jawato dan Lester Prosper (Indonesia Patriots), serta Dimaz Muharri (Louvre Surabaya).

Nuke absen membela Bima Perkasa musim ini karena kontraknya sudah habis. Nuke dan manajemen tim tersebut belum menemukan kata sepakat untuk perpanjangan kontrak. Selain itu, ada masalah pribadi yang memaksanya harus istirahat sejenak dari hiruk-pikuk liga basket Indonesia
Ini kedua kalinya Nuke absen di liga dalam karier profesionalnya. Dulu dia sempat berhenti satu musim, dan menyatakan pensiun dini setelah berpisah dengan Pacific Caesar Surabaya. Namun Nuke kembali bermain untuk Bima Perkasa sampai IBL 2020.

Baca Juga: Nuke Tri Saputra Resmi Berpisah dengan Bima Perkasa

Soal Daniel Wenas, mungkin sudah jelas. Setelah mendapatkan pemeriksaan dokter tim Bali United, Daniel diminta beristirahat selama tiga bulan demi masa depannya. Karena bila dipaksakan bermain, itu bisa membahayakan lutut kanannya.

Daniel sudah merasakan ada masalah di lututnya sejak mendarat di Bali beberapa waktu lalu. Memang cedera itu tidak mengganggu aktifitas sehari-hari. Namun untuk aktifitas dengan intensitas tinggi seperti bertanding di liga, bisa berbahaya bagi lututnya. Oleh sebab itu, Daniel akan absen selama musim reguler 2021. Ada kemungkinan dia bisa diturunkan di babak playoff, bila Bali United bisa mendapatkan peringkat enam besar. Namun itu semua tergantung perkembangan cedera Daniel sendiri.

Baca Juga: Daniel Timothy Wenas Absen Selama Musim Reguler IBL 2021

Pemain yang kemungkinan besar bakal absen adalah punggawa Amartha Hangtuah, Stefan Wilfredo Neno. Pada awal bulan Februari lalu, Neno dikabarkan mengalami cedera lutut. Dia belum bisa berlatih dengan timnya. Neno dikabarkan harus beristirahat selama dua bulan.

Bila melihat musim reguler IBL 2021 yang hanya berlangsung selama satu bulan, kecil kemungkinan Neno bisa tampil. Kecuali dia ikut dalam rombongan tim masuk ke gelembung IBL di Cisarua dan melakukan semua proses penyembuhan di sana. Karena bisa saja Neno akan bermain di seri ketiga atau keempat.

Dua pemain lain yang bakal absen di IBL 2021 adalah Brandon Jawato dan Lester Prosper. Dua pemain timnas Indonesia yang dititipkan di Indonesia Patriots. Keduanya memang tidak terikat kontrak dengan kontestan IBL musim ini. Namun agar keduanya tetap merasakan suasana kompetisi, maka mereka bermain bersama Indonesia Patriots yang notabene merupakan program pemusatan latihan timnas muda.

Tetapi rencana tersebut berubah seiring belum jelasnya kompetisi FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers. Maka untuk menghemat tenaga, Jawato diizinkan pulang ke Bali, sementara Lester Prosper sekarang berada di Miami, Amerika Serikat.

"Keduanya memang sedang kami istirahatkan, sembari menanti kepastian dari FIBA tentang pelaksanaan Window 3 Asia Cup 2021 Qualifiers. Sebagai gantinya, kami menyiapkan dua nama calon naturalisasi untuk bergabung di Indonesia Patriots," ungkap Manajer Timnas Indonesia, Maulana Fareza Tamrella.

Sebelumnya, Jawato dan Lester sudah didaftarkan menjadi pemain Indonesia Patriots untuk IBL 2021. Mereka kini digantikan oleh Dame Diagne dan Serigne Modou Kane. Dua pemain muda yang disebut-sebut sebagai calon pemain naturalisasi Indonesia yang disiapkan untuk program jangka panjang timnas. Kedua pemain tersebut sudah bergabung dengan Indonesia Patriots di Cisarua, Bogor.

Sementara itu ada pula pemain yang namanya tidak tercantum di roster tim mana pun. Dia adalah Dimaz Muharri. Pemain yang baru saja kembali dari pensiun dengan membela Louvre Surabaya tersebut tidak lagi tampil di liga profesional. Saat memutuskan comeback, Dimaz ingin menginspirasi pemain lainnya. Dimaz ingin membuktikan bahwa ketekunan dan latihan yang keras menjadi kunci agar performa tetap stabil di lapangan. Sayangnya, Dimaz hanya separuh musim bersama Louvre Surabaya. Liga saat itu harus dibatalkan karena pandemi Covid-19.

IBL sendiri sudah masuk tahapan yang penting. Hari ini, 8 Maret 2021, tim-tim peserta sudah mulai memasuki gelembung di Cisarua. Para pemain dan ofisial akan menjalani karantina dan tes Covid-19. Setelah itu, latihan perdana bisa digelar hari Selasa, 9 Maret 2021. (tor)

Foto: IBL Indonesia

 

Komentar