IBL

Jelang bergulirnya IBL 2021, Bank BPD DIY Bima Perkasa justru kehilangan salah satu pilar penting. Nuke Tri Saputra tidak lagi memperkuat tim tersebut dan akan absen pada IBL 2021. Kontrak Nuke sudah habis, dan tidak ada penawaran baru dari klub.

"Kontrak saya habis 1 April ini. Saya sebenarnya siap bertanding sampai kontrak saya usai. Tapi belum ada kesepakatan baru antara saya dan klub, lalu ada hal lain yang membuat saya harus absen dari liga," katanya, Rabu, 3 Maret 2021.

Nuke musim lalu mencetak 9,7 poin, 2,7 rebound, dan 1,7 assist per pertandingan. Selain jadi pilar penting bagi tim, Nuke juga menjadi idola penggemar Bima Perkasa. Kehilangan Nuke adalah kerugian besar bagi Bima Perkasa. Nuke bergabung dengan Bima Perkasa sejak musim 2018-2019. Sebelumnya dia bermain di Pacific Caesar Surabaya, lalu sempat mengumumkan pensiun dari basket profesional.

Sebenarnya Nuke sudah membuka informasi mengenai status kontraknya di Bima Perkasa sejak bulan Januari lalu. Waktu itu dirinya khawatir kalau IBL sampai ditunda terlalu lama, maka Nuke bisa-bisa absen dari liga. Karena tidak ada perpanjangan kontrak. Ternyata memang itu yang terjadi. 

Kepala pelatih Bima Perkasa, David Singleton menyadari pentingnya Nuke. Namun dirinya tunduk pada keputusan manajemen. Sebab, dia masih punya pemain yang bisa menggantikan Nuka, seperti Tifan Eka Pradita, Samuel Devin, dan David Simeon Lavi.

"Di tim ini semua pemain adalah pointer, bukan satu atau dua orang. Kami sadar bahwa Nuke adalah pemain bagus tapi komposisi pemain kami sangat cukup untuk berkompetisi. Saat dia pergi, kami punya waktu untuk mengembangkan tim dan menambah kekompakan sebagai tim. Kami percaya dengan komposisi yang dihuni pemain senior dan junior di tim saat ini," kata David.

David tampaknya kurang tahu soal kontrak pemainnya. Sebab, bukan hanya Nuke yang habis kontrak. Dua pemain senior, Galank Gunawan dan M. Isman Thoyib dikabarkan juga habis masa kontraknya. Bila melihat jadwal liga, maka dua pemain tersebut tidak akan memperkuat Bima Perkasa saat mereka lolos ke babak playoff. Karena fase pertama atau musim reguler IBL 2021 rencananya digelar 10 Maret hingga 10 April mendatang. (tor)

Foto: Media Bima Perkasa

Komentar