IBL

Pada tahun 2018 lalu, Galank Gunawan mengatakan bahwa bergabung dengan tim Bank BPD Bima Perkasa adalah impiannya. Sebab, Yogyakarta sudah menjadi tempat tinggalnya sekarang. Tapi pada akhir 2019 lalu, Galank memilih hengkang dan bermain di klub baru IBL, Louvre Surabaya. Kini Galank dikabarkan pulang ke Yogyakarta dan memperkuat Bima Perkasa lagi.

Saat menyetujui kontrak dengan Bima Perkasa, Galank merasa bahwa sudah menemukan pelabuhan terakhirnya. Karena sudah 11 musim dia merantau, dengan bermain di Satria Muda dan Garuda Bandung. Di musim ke-12, Galank memang membela Bima Perkasa. Tetapi musim ke-13, Galank menyeberang ke Louvre Surabaya. Kepindahan Galank saat itu mengejutkan penggemar Bima Perkasa. Pasalnya, Galank sempat bermain di Piala Presiden 2019, yang juga sebagai turnamen pramusim IBL.

Bersama Louvre Surabaya, Galank mencetak rata-rata 2,0 poin dan 6,2 rebound. Sayangnya musim 2020 tidak selesai karena pandemi virus Covid-19. Liga dihentikan setelah Seri 6 Surabaya, pada pertengahan bulan Maret 2020.

"Bermain untuk tim Yogyakarta itu selalu membanggakan buat saya. Alasannya hanya itu, dan sekarang momentum yang sangat pas sekali buat saya pulang ke rumah," kata Galank Gunawan.

Galank membela Bima Perkasa di musim 2018-2019. Pemain yang identik dengan nomor punggung 66 tersebut mencetak 5,0 poin dan 9,2 rebound per gim di musim reguler. Kemudian di babak playoff, dia menyumbang rata-rata 3,0 poin dan 8,0 rebound per gim. Kembalinya Galank akan memperkuat barisan pertahanan Bima Perkasa.

Apalagi kekuatan Bima Perkasa saat ini tak bisa dianggap remeh. Mereka mendatangkan Indra Muhammad (Defensive Player Of The Year IBL 2020), dan pemain berpengalaman, Rachmad Febri Utomo. Urusan strategi, Bima Perkasa akan dipimpin oleh kepala pelatih David Singleton.

"Komposisi tim yang yang sekarang menurut saya bisa tembus Final Four, dan bila kami berjuang bersama, bisa jadi memberi kejutan musim depan. Target pribadi saya, ingin merasakan gelar juara lagi sebelum pensiun. Ketika masih bisa main, saya akan kejar target tersebut," imbuh Galank.

Bima Perkasa tidak hanya menyiapkan Galank sebagai kejutan. Namun ada satu pemain lain yang juga berhasil direkrut oleh tim tersebut. Nantinya akan diperkenalkan sebelum IBL mengumumkan roster 2021 pada tanggal 24 Desember 2020. (tor)

Foto: Hariyanto

Komentar