IBL

Utah Jazz sedang di atas angin. Meski rekor kemenangannya diputus LA Clippers, Jumat pekan lalu, tetapi Jazz masih jadi tim terbaik di liga saat ini. Mereka menduduki puncak klasemen Wilayah Barat dengan rekor pertandingan 24-6. Dengan persentase kemenangan di kisaran 80 persen, maka kepala pelatih Quin Snyder dianggap sebagai calon kuat peraih penghargaan pelatih terbaik musim ini.

Adrian Wojnarowksi dari ESPN sudah berbicara dengan kepala pelatih tim-tim NBA. Sejauh ini, mereka tidak punya banyak waktu untuk persiapan menuju musim kompetisi 2020-2021. Tetapi kepala pelatih Quin Snyder berhasil mengatasi hal tersebut dengan meningkatkan chemistry antarpemain.

"Ini merupakan awal yang baik bagi Jazz. Mereka punya dua pemain kaliber All-Star (Donovan Mitchell dan Rudy Gobert). Lalu, Snyder dengan jeli memasukkan Royce O'Neale dan Joy Ingles, yang cepat beradaptasi dengan anggota tim yang lain. Sulit untuk mencari pemain yang bisa menjaga stabilitas tim, mencari komposisi tim inti yang bagus, atau menempatkan pemain yang tepat di bangku cadangan. Quin Snyder bagus dalam hal ini," kata Wojnarowski.

Wojnarowksi meyakini bahwa Snyder merupakan calon kuat peraih gelar Coach of the Year NBA musim ini. Meski belum jadi calon mutlak. Karena beberapa pelatih juga punya performa bagus. Seperti Steve Nash dengan Brooklyn Nets, dan Doc Rivers di Philadelphia 76ers.

Namun seperti yang dikatakan Wojnarowski, Snyder adalah sosok yang hebat dalam hal membangun hubungan antarpemain. Royce O'Neale menguatkan opini tersebut.

"Menurut saya, tim kami sekarang punya chemistry yang baik. Setiap malam, masing-masing pemain bisa menjadi panas. Serangan mengalir seiring kokohnya pertahanan kami. Dengan begitu kami bisa mendapatkan banyak peluang di ring lawan," ujarnya.

Snyder menjadi kepala pelatih Jazz sejak 2014. Di musim ketujuh bersama Jazz, Snyder mendapatkan gelar Coach of the Month untuk performa yang bagus selama bulan Desember 2020 hingga Januari 2021. Dia menjadi pelatih Jazz ketiga yang memenangkan gelar tersebut lebih dari sekali. Sebelumnya, ada Frank Layden dan mendiang Jerry Sloan. Snyder juga mendapatkan pengakuan karena terpilih sebagai pelatih Tim LeBron di NBA All-Star 2021, bulan depan.

Jelas tugasnya ke depan akan lebih berat. Karena banyak tim-tim NBA yang penasaran ingin mengalahkan Jazz. (tor)

Foto: nba.com

Komentar