IBL

Utah Jazz menang 118-102 atas New Orleans Pelicans di Vivint Smart Home Arena, Selasa malam waktu Amerika Serikat. Jazz kini menang enam laga beruntun. Selain itu, kemenangan ini juga membuktikan bahwa prediksi Stan van Gundy salah besar. Kepala pelatih Pelicans menyebut Jazz tim yang kuat di paint area saja. Tetapi hari ini, ring Pelicans kemasukan 21 tripoin dari 47 percobaan.

Sebelum tip-off, Stan van Gundy berkata bahwa dia akan melindungi paint area saja. Strategi bertahan dari slam-dunk Rudy Gobert dan lay-up dari Donovan Mitchell jadi prioritas utamanya. Sedangkan tembakan jarak jauh jadi strategi pertahanan kedua. Namun yang terjadi di lapangan justru sebaliknya. Jazz melepaskan 47 tembakan tripoin. Mereka bisa memasukkan 21 tripoin yang menjadi faktor pembunuh bagi Pelicans.

Joe Ingles memasukkan lima tripoin, Mitchell dan Jordan Clarkson sama-sama mencetak empat tripoin, Bojan Bogdanovic tiga tripoin, lalu Royce O'Neal dan Geogre Niang masing-masing mencetak satu tripoin, dan Mike Conley menambahkan satu tripoin. Sementara untuk poin terbanyak di laga ini dicetak oleh Mitchell dengan 28 poin. Menurut kepala pelatih Quin Snyder, tembakan tripoin sebanyak itu tidak akan tercipta tanpa usaha keras di pertahanan.

"Bertahan menciptakan tembakan-tembakan itu, dan bertahan bisa membuat kami tetap terjaga bila mereka (Pelicans) tidak berhasil memanfaatkan penguasaan bola," katanya.

Pelicans unggul di paint area dengan 64-42. Zion Williamson tampil bagus dengan mencetak 32 poin. Sedangkan Brandon Ingram menambahkan 17 poin. Tapi Jazz punya Rudy Gobert yang bisa membendung pemain lainnya. Gobert menjadi kunci kemenangan Jazz, khususnya di pertahanan. Dia mencetak 13 poin, 18 rebound, dan tiga blok.

"Kami tahu bahwa mereka (Pelicans) adalah tim yang sangat atletis, tim yang sangat bertalenta, dan kami tahu mereka akan menjadi agresif," kata Gobert. "Saya harus bermain fisik dengan mereka dan memastikan bisa dapat rebound. Ketika kami punya kesempatan, kami bisa berlari, dan kami punya pemain dengan tembakan yang tajam," kata Rudy Gobert.

Jazz dan Pelicans akan kembali bertemu pada Kamis malam, waktu setempat. Sejauh ini, Jazz masuk tiga besar klasemen Wilayah Barat dengan rekor pertandingan 10-4. Mereka bersanding dengan duo Los Angeles, Lakers dan Clippers. Sementara itu, Pelicans ada di peringkat 12 klasemen Wilayah Barat. (tor)

Foto: nba.com

 

Komentar