IBL

Utah Jazz melawat ke Boston untuk menjumpai Celtics dalam pertandingan lanjutan NBA 2018-2019. Setelah melewati pertandingan empat kuarter, Jazz pulang dengan kemenangan 98-86. Donovan Mitchell, garda tahun kedua Jazz, menjadi pencetak angka terbanyak di TD Garden, Boston, Massachusetts, Sabtu 17 November 2018 waktu setempat.

Mitchel mencetak 28 poin dengan akurasi mencapai 47,6 persen. Ricky Rubio kemudian membantunya dengan tambahan 20 poin. Tiga pemain lainnya juga mencetak dobel digit poin plus beberapa rebound: Rudy Gobert (12 poin, 9 rebound, Derrick Favors (10 poin, 8 rebound), dan Dante Exum (10 poin, 7 rebound).

Di kubu lawan, hanya ada dua pemain yang mencetak dobel digit poin. Kyrie Irving memimpin dengan 20 poin dan 8 rebound. Sementara itu, Jayson Tatum hanya menyumbang 10 poin dan 7 rebound. Jazz memenangkan pertandingan karena berhasil meminimalisasi tripoin mereka. Mitchell dkk. menahan tripoin Celtics dengan hanya membiarkan mereka memasukkan 15,2 persen tembakannya. Belum lagi, di kuarter tiga, Jazz juga berhasil memanfaatkan momentum untuk mendulang 10 poin lebih banyak dari seterunya hari ini.

Jazz mengawali pertandingan dengan keunggulan 29-20. Mereka mampu menahan serangan lawan meski Kepala Pelatih Celtics, Brad Stevens, memakai skuat lengkapnya. Ia bahkan masih memainkan Gordon Hayward meski sebelumnya sempat diminta bermain dari bangku cadangan.

Jazz sedikitnya berhasil menahan 8 dari 9 tripoin lawan sehingga Celtics tidak bisa mendulang banyak poin di kuarter satu. Kedua tim lebih banyak bermain di bawah ring dengan cara menusuk atau bermain pos. Namun, Jazz bisa unggul karena berhasil memasukkan 3 dari 9 tripoinnya.

Di kuarter dua, pertandingan berlangsung ketat. Celtics unggul empat poin (25-21) dengan menarik tembakan-tembakan mereka ke jarak yang lebih lebar. Para pemain besar seperti Al Horford dan Aron Baynes bahkan berani melepas tembakan di belakang busur tripoin. Mereka memasukkan masing-masing satu tripoin dari total tiga tembakan masuk di kuarter itu.

Celtics membayangi lawan meski terpaut lima poin (45-50) di paruh pertama.

Kendati berhasil unggul perolehan poin di kuarter dua, Celtics rupanya tenggelam di kuarter selanjutnya. Jazz membuat skor melebar dengan mempersempit ruang gerak Celtics sehingga mereka hanya bisa mendulang poin di sekitar area kunci. Celtics bahkan tidak sekalipun berhasil mencetak tripoin meski mereka berusaha melepas 10 tembakan di kuarter tiga. Jazz benar-benar memanfaatkan momentum itu untuk unggul 10 poin (27-17), membuat skor sementara menjauh 77-62.

Di kuarter empat, Celtics berusaha menyusul dengan mencoba peruntungan mereka di belakang busur tripoin. Namun, mereka lagi-lagi gagal karena hanya memasukkan 1 dari 7 tembakan. Pada akhirnya, upaya mereka untuk membalikkan keadaan justru membunuh diri mereka sendiri. Jazz berhasil memenangkan pertandingan 98-86 setelah berkali-kali menggagalkan tripoin Celtics.

Dengan begitu, Jazz pun merengkuh kemenangan ke-8 dari 16 pertandingan di musim ini. Selanjutnya, mereka akan menghadapi Indiana Pacers lusa. Sementara itu, akan melawat ke North Carolina untuk menemui Charlotte Hornets di hari yang sama.

Foto: NBA

Komentar