IBL

Duel bintang masa depan NBA tersaji Rabu, 10 Februari 2021, waktu setempat, di American Airlines Center, Dallas, Texas, Amerika Serikat. Luka Doncic yang memimpin Dallas Mavericks menjamu Atlanta Hawks yang mengandalkan Trae Young. Sempat terlihat akan berjalan sepihak karena Hawks tampil cukup solid di tiga kuarter pertama, Mavericks ternyata membalik keadaan di kuarter akhir. Catatan 37 poin Mavericks di periode ini hanya mampu dibalas 27 poin oleh Hawks. Mavericks menang dengan skor tipis 118-117.

Kedua bintang muda tersebut benar-benar memainkan peran penting mereka. Di balik kemenangan Mavericks, Luka mencetak tripel-dobel 28 poin, 10 rebound, dan 10 asis. Ia memasukkan 9/18 tembakan (50 persen). Ini adalah tripel-dobel ketujuh Luka sepanjang musim ini dan ke-32 secara keseluruhan kariernya.

Di sisi sebaliknya, Trae juga tampil cukup apik dengan 25 poin, 7 rebound, dan 15 asis. Hanya saja, Trae lebih buruk dari Luka untuk akurasi tembakan. Ia hanya memasukkan 8 dari 22 percobaan yang ia lepaskan hari ini (36 persen). Penampilan seperti ini mengingatkan pada duel keduanya untuk gelar ruki terbaik NBA 2018 lalu di mana kurang lebih sama dominannya untuk tim masing-masing.

Selain penampilan apik Luka, Mavericks juga berhasil menang karena barisan pendukung bermain cukup apik. Lima pemain Mavericks menyentuh dua digit poin. Pemain sesama angkatan 2018, Jalen Brunson, memberi sumbangsih 21 poin, 4 rebound, dan 5 asis dari bangku cadangan. Tim Hardaway Jr. yang juga memulai gim dari bangku cadangan menambahkan 16 poin. Kristpas Porzingis 15 poin, Willie Cauley-Stein 14 poin, sedangkan Josh Richardson menutup daftar dengan 10 poin.

Hasil ini membuat Mavericks mencatatkan kemenangan ketiga beruntun. Sepanjang musim ini, catatan kemenangan beruntun terbaik Mavericks adalah empat gim. Pun demikian, Mavericks masih terganjal di papan bawah klasemen sementara Wilayah Barat dengan rekor keseluruhan (12-14). Mavericks menggeser Houston Rockets untuk peringkat 12.

Sebaliknya bagi Hawks, kekalahan ini jadi yang ke-13 sepanjang musim, dari 24 pertandingan. Pun begitu, Hawks masih kukuh di peringkat delapan klasemen sementara Wilayah Timur. Jarak mereka dengan New York Knicks yang di peringkat sembilan terbilang cukup aman untuk sementara waktu (dua kemenanagn).

Hawks masih akan menjadi tamu di gim selanjutnya dengan bertandang ke San Antonio Spurs, lusa, waktu setempat. Pun begitu dengan Mavericks yang juga akan menjadi tamu di kandang New Orleans Pelicans, di hari yang sama. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar