IBL

Dallas Mavericks bertamu ke Toyota Center, Houston, Texas, Amerika Serikat, markas Houston Rockets, Senin, 4 Januari 2021, waktu setempat. Meski bertindak sebagai tamu, Mavericks justru tampil cukup dominan. Rockets tercatat hanya sempat sekali unggul, itupun di awal pertandingan. Setelahnya, Mavericks terus memimpin, bahkan sempat menjauh hingga 18 poin sebelum menutup gim dengan selisih 13 poin, 113-100.

Luka Doncic akhirnya mencatatkan tripel-dobel pertamanya musim ini. Tampil 37 menit, Luka mencetak 33 poin, 16 rebound, dan 11 asis. Luka memasukkan 12/25 tembakan (48 persen) dan sempurna dari tembakan gratis (6/6). Secara keseluruhan, ini adalah tripel-dobel ke-26 Luka sepanjang kariernya yang baru memsuki musim ketiga. Ia adalah pemain berusia 22 tahun atau kurang dengan tripel-dobel terbanyak sepanjang sejarah NBA. Jumlah 26 kali tersebut bahkan lebih banyak dari kombinasi dua pencatat rekor terbanyak sebelumnya, Magic Johnson dan Ben Simmons (25 tripel-dobel total).

Selain Luka, dominasi Mavericks hari ini juga tak lepas dari performa panas Tim Hardaway Jr.. Meksi memulai gim dari bangku cadangan, Hardaway berhasil mencetak 30 poin dan 7 rebound selama 31 menit. Ia memasukkan 8 tripoin dari 10 percobaan saja (80 persen). Josh Richardson dan Willie Cauley-Stein yang mengisi barisan utama masing-masing menambahkan 15 poin.

Dari Rockets, Christian Wood jadi top skor tim dengan 23 poin dan 7 rebound. James Harden mengikuti dengan dobel-dobel 21 poin plus 10 asis. Eric Gordon yang memulai gim dari bangku cadangan melengkapi trio Rockets yang menyentuh setidaknya 20 poin dengan 20 poin dan 5 rebound. John Wall melengkapi daftar dengan 14 poin, 4 rebound, dan 4 asis.

Satu insiden menarik di gim ini terjadi di kuarter pertama. Adalah DeMarcus Cousins yang terkena ejected oleh wasit setelah dua kali technical foul hanya selama tiga menit di lapangan. Technical foul pertama Cousins terjadi saat ia terlibat friksi dengan Willie Cauley-Stein. Sedangkan yang kedua terjadi saat ia memprotes wasit untuk meminta foul.

Hasil ini membuat Mavericks kembali ke jalur kemenangan dan menorehkan total rekor (3-4). Pun begitu, catatan ini belum mampu membuat mereka keluar dari peringkat dasar klasemen sementara Wilayah Barat. Untuk Rockets, kekalahan ini jadi yang ketiga dalam lima gim. Mereka duduk di peringkat tujuh.

Tiga hari lagi, Mavericks akan kembali bertanding dengan menjadi tamu di kandang Denver Nuggets. Sedangkan Rockets sudah akan kembali bermain lusa, juga menjadi tamu dengan berkunjung ke kandang Indiana Pacers. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar