IBL

San Antonio Spurs adalah korban terbaru Luka Doncic. Dalam lanjutan laga yang digelar di AT&T Center, San Antonio, Texas, Amerika Serikat, Jumat, 22 Januari 2021, Luka menunjukkan kapasitasnya. Selain torehan statistik keseluruhan yang fantastis, dua penguasaan bola Luka di satu menit terakhir pertandingan jadi penentu kemenangan 122-117 Dallas Mavericks.

Di sisa satu menit tersebut, aksi pertama Luka berujung dengan satu lawan satu melawan LaMarcus Alrdige. Setelah melakukan gerakan memutar, Luka berhasil mencetak dua angka dari jarak menengah. Setelahnya, Spurs berusaha menghentikan Luka dengan dua pemain. Menyadari Jalen Brunson terbuka di sudut kiri pertahanan Spurs, Luka mengirim umpan yang berujung tripoin untuk mengamankan kemenangan Mavericks.

Luka menutup gim dengan nyaris tripel-dobel 36 poin, 9 rebound, dan 11 asis selama 36 menit. Ia memasukkan 13/28 tembakan (46 persen). Luka mendapat cukup banyak bantuan hari ini. Kristaps Porzingis menambahkan 21 poin dan 8 rebound sementara Tim Hardaway Jr. juga  mencetak 21 poin secara efektif dari 8/12 tembakan (67 persen). Selain tripoin di atas, Brunson menutup gim dengan cemerlang, 16 poin dan 6 asis. Akurasinya juga tinggi di angka 54 persen (6/11).

Dari Spurs, DeMar DeRozan jadi top skor tim dengan 29 poin, 6 rebound, dan 6 asis. Aldridge menyusul degan 26 poin dan 9 rebound sedangkan Keldon Johnson dobel-dobel 17 poin plus 14 rebound. Dari bangku cadangan, Patty Mills menambahkan 13 poin diikuti oleh Rudy Gay dengan 16 poin selama 26 menit.

Ini adalah pertemuan pertama kedua tim musim ini. Kemenangan ini membawa Mavericks menang dua gim beruntun dan total mengemas 8 kemenangan dari 15 gim. Catatan tersebut cukup membawa Mavericks menggeser Spurs untuk peringkat tujuh klasemen sementara Wilayah Barat. Spurs sendiri terjun ke peringkat 10 karena secara total mereka mengemas rekor menang-kalah (8-8).

Mavericks akan kembali ke kandang untuk menjamu Houston Rockets, esok hari. Satu hari setelahnya, Spurs akan menjamu Washington Wizards. Gim ini sendiri masih harus ditunggu kepastiannya mengingat Wizards bermasalah dengan penyebaran virus korona. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar