IBL

Laga antara Dallas Mavericks dan San Antonio Spurs, Kamis malam, 26 Desember 2019, waktu setempat jadi gimpertama Luka Doncic pascacedera engkel. Meski sudah absen di empat gim sebelumnya, Luka tetap terlihat sedang dalam kondisi prima. Ia tetap jadi penampil terbaik di gim yang digelar di American Airlines Center, Dallas, Texas, Amerika Serikat, dan mengantarkan Mavericks menang 102-98.

Tampil selama 33 menit, Luka mengemas catatan hampir tripel-dobel dengan 24 poin, 10 rebound, dan 8 asis. Ia jadi satu-satunya pemain yang membukukan dobel-dobel di gim ini. Tim Hardwayh Jr. menyusul dengan 17 poin sedangkan Kristaps Porzingis mengemas 13 poin dan 8 rebound.

Dorian Finney-Smith dan Dwight Powell melengkapi catatan apaik barisan utama. Catatan 13 poin dan 6 rebound Dorian ditambah dengan 11 poin plus 7 rebound Dwight membuat seluruh pemain utama Mavericks menyentuh dua digit poin. Sumbangsih terbesar dari bangku cadangan datang dari Delon Wright yang membukukan 12 poin, 5 rebound, 4 asis, dan 3 steal selama 21 menit.

Hasil ini membuat Mavericks kembali ke jalur kemenangan usai kalah di gim sebelumnya melawan Toronto Raptors. Selama empat gim Luka absen, Mavericks hanya mampu meraih dua kemenangan. Hal ini pula yang membuat posisi mereka merosot satu tingkat dan harus rela digeser oleh Houston Rockets. Mavericks kini duduk di peringkat kelima klasemen sementara Wilayah Barat dengan 20 kemenangan dan 10 kekalahan.

Sementara bagi Spurs, kekalahan ini justru membuat upaya mereka menjaga tren positif kembali gagal. Dalam 10 gim terakhir, Spurs memperoleh persentase kemenangan 50 persen atau yang berarti lima kali menang dan lima kali kalah. Menariknya, mereka hanya sekali mencatatkan kemenangan beruntun. Sisanya, selalu terjadi bergantian menang dan kalah. Spurs kini duduk di peringkat sembilan klasemen sementara Wilayah Barat dengan rekor menang-kalah (12-18).

Di gim hari ini, empat pemain Spurs mencetak poin dengan digit ganda. DeMar DeRozan jadi yang paling subur dengan 21 poin, 5 rebound dan 4 asis. LaMarcus Aldridge menyusul dengan 17 poin dan 7 rebound. Rudy Gay yang memulai gim dari bangku cadangan menyumbang 18 poin dan 8 rebound sedangkan Derrick White menutup daftar dengan 10 poin, 4 rebound, dan 6 asis.

Spurs akan kembali ke kandang dan memulai rangkaian tiga gim kandang beruntun dengan menjamu Detroit Pistons, dua hari lagi. Sebaliknya, Mavericks akan menjalani tiga laga tandang beruntun yang dimulai dengan bertamu ke Golden State Warriors, di hari yang sama. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar