IBL

Menjadi ruki di NBA bukanlah hal mudah, apalagi untuk mereka yang berstatus lottery pick (terpilih di awal-awal). Ekspektasi adalah lawan utama mereka. Baru setelahnya menit bermain, persaingan tim, dan peran yang diberikan oleh pelatih. Jika tak mampu mengatasi masalah-masalah di atas, ruki kerap mengalami masalah dalam perkembangan kariernya.

Namun, di musim ini, beberapa nama ruki berhasil tampil sesuai atau bahkan melebihi ekspektasi. Ada nama yang sudah sesuai dengan nomor urutan pilihan mereka, ada pula yang berhasil mengejutkan meski terpilih di belakang. Hal-hal mengenai penampilan ruki ini tak lepas dari perhatian legenda NBA, Earvin “Magic” Johnson.

Melalui cuitan terbaru di akun twitter pribadinya, Magic tak sungkan menyanjung ruki-ruki yang menarik perhatiannya. Pemain yang paling menarik perhatian Magic adalah ruki Charlotte Hornets, LaMelo Ball. “Kandidat terkuat ruki terbaik musim ini adalah LaMelo Ball. Ia mencetak 24 poin, 10 rebound, dan 7 asis dalam kemenangan 119-94 atas Rockets,” unggah Magic yang mereferensikan Melo dengan kemenangan Hornets dari Rockets.

“Selain Melo, saya juga cukup terkesan dengan penampilan beberapa ruki. Mereka adalah James Wiseman, Immanuel Quickley, Anthony Edwards, dan Tyrese Haliburton,” imbuh Magic di cuitan yang berbeda. Nama-nama yang disebutkan oleh Magic sebenarnya tidak cukup mengejutkan. Seluruh nama di atas berhasil menunjukkan peran penting mereka di tim-tim yang dibela.

Melo sendiri sejauh ini memang jadi kandidat terkuat untuk gelar ruki terbaik. Ditambah perannya yang semakin tinggi seiring kenaikan pangkat menjadi starter, Melo semakin nyaman bermain dengan Hornets. Pilihan pertama Draft, Anthony Edwards, juga sudah naik menjadi starter. Bersama D’Angelo Russell dan Malik Beasley, Edwards berusaha sekuat tenaga untuk memperbaiki prestasi Timberwolves.

Tyrerse Haliburton pun demikian. Meski masih setia bermain dari bangku cadangan, Haliburton konsisten memberikan sumbangsih besar. Peran serupa dipegang oleh Immanuel Quickley yang mengejutkan banyak pihak dengan gerakan floater tak terhentikannya. Quickley bahkan lambat laun terus menggerus menit-menit bermain garda Knicks.

Sedikit pertanyaan mungkin tersemat kepada James Wiseman. Kepala Pelatih Golden State Warriors, Steve Kerr, dalam beberapa kesempatan menyebutkan bahwa Wiseman tampak lebih baik turun dari bangku cadangan. Hal yang berbalik dari peran yang ia mainkan di awal musim ini. Namun, ucapan Kerr sendiri cukup beralasan karena Wiseman memang tampil lebih baik dari bangku cadangan.

Menarik menuggu dan melihat persaingan para ruki ini. Gelar ruki terbaik memang cukup indah untuk menutup musim pertama. Namun, lebih dari itu, konsistensi dan peningkatan performa mereka di masa mendatang adalah hal yang jauh lebih penting untuk menjaga eksistensi mereka di NBA. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar