IBL

Sesuai dengan sejarah keduanya sebagai peraih gelar juara NBA terbanyak, duel Los Angeles Lakers dan Boston Celtics, Sabtu, 30 Januari 2021, waktu setempat, berjalan sengit. Dalam laga yang digelar di TD Garden, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, terdapat 17 kali pergantian keunggulan dan 15 kali keadaan imbang yang menunjukkan betapa tingginya tensi gim ini. Namun, Lakers akhirnya berhasil keluar sebagai pemenang setelah tembakan terakhir Celtics tak menemui sasaran. Skor akhir 96-95.

Ya, Celtics sebenarnya berpeluang besar menjadi pemenang di gim ini. Di sisa 12 detik pertandingan, Kemba Walker berhasil mencuri bola dari Anthony Davis di area pertahanan Celtics. Walker langsung mengirim bola kepada Jaylen Brown yang berlari lebih dulu. Sayangna, Brown mendapat pengawalan ketat dari Alex Caruso. Upaya fastbreak pun tertahan tapi bola masih untuk Celtics.

Brown lantas memberikan bola kepada Semi Ojeleye yang langsung melanjutkannya kepada Walker. Di sisa enam detik, Walker melakukan satu lawan satu dengan Dennis Schroder dan melepaskan tembakan dari area elbow. Tembakan tersebut tak menemui sasaran dan upayan Daniel Theis melakukan tip in juga gagal hingga Lakers berhasil pulang dengan kemenangan.

Dua bintang dari masing-masing tim menunjukkan peran penting mereka. Davis mencetak dobel-dobel 27 poin dan 14 rebound salaam 35 menit di lapangan hasil dari 11/25 tembakan (44 persen). LeBron James yang bermain dua menit lebih lama menambahkan 21 poin, 7 rebound, dan 7 asis. Dennis Schroder menyusul dengan 12 poin dan 7 asis. Montrezl Harrell memberi bantuan besar dari bangku cadangan dengan 16 poin dan 5 rebound sementara Kyle Kuzma menutup daftar dengan 11 poin plus 6 rebound.

Dari Celtics, Jayson Tatum jadi top skor gim dengan 30 poin dan 9 rebound. Empat dari keseluruhan poin Tatum tercipta di dua menit terakhir pertandingan yang membuat Celtics menjaga jarak tipis dengan Lakers. Jaylen Brown menyusul dengan 28 poin hasil dari 13/19 tembakan (68 persen). Daniel Theis menambahkan 14 poin dan 7 rebound sementara Robert Williams yang memulai gim dari bangku cadangan mencetak 10 poin plus 7 rebound.

Lakers kembali ke jalur kemenangan dengan hasil ini. Dalam dua gim sebelum ini, Lakers selalu menelan kekalahan. Lakers duduk di peringkat tiga klasemen sementara Wilayah Barat dengan rekor (15-6). Sebaliknya untuk Celtics, hasil ini jadi kekalahan kedua beruntun mereka. Celtics tertahan di peringkat lima klasemen sementara Wilayah Timur dengan 10 kemenangan dari 18 gim.

Lakers akan menutup rangkaian gim tandang mereka dengan bertamu ke Atlanta Hawks, lusa, waktu setempat. Satu hari setelahnya, Celtics akan memulai tur lima gim tandang dengan bermain di Chase Center, markas Golden State Warriors. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar