IBL

Kyrie Irving sudah berlatih dengan Brooklyn Nets pada sesi latihan Selasa pagi, waktu Amerika Serikat. Dia juga bersedia muncul di hadapan media setelah latihan selesai. Kyrie meminta maaf atas keputusannya selama ini yang menghilang dari tim. Tetapi tetap tidak ada alasan jelas tentang tindakan tersebut. Kyrie sengaja membiarkan kepergiannya tetap jadi misteri.

Ada beberapa poin penting yang bisa dicatat dari penjelasan Kyrie Irving selama sesi wawancara tersebut. Pertama dirinya meminta maaf kepada tim dan penggemar Brooklyn Nets. Lalu yang kedua, dia menjelaskan bahwa ada masalah keluarga dan pribadi yang sedang dihadapi. Kemudian, Kyrie menyampaikan bahwa dirinya perlu istirahat sejenak (jeda) dari kegiatan basket. Dia juga sedang mencari mentor untuk kesehatan mentalnya. Kyrie hanya ingin hidup seperti orang normal. Terakhir, dia berkomentar tentang masuknya James Harden ke dalam roster Nets musim ini.

"Saya sedang banyak urusan keluarga dan pribadi, jadi saya ingin berhenti sejenak dari basket," kata Kyrie memulai sesi wawancara setelah latihan.

Selain itu, Kyrie berbicara soal kondisi sosial politik di negaranya. Kyrie merasa bertanggung jawab atas perjuangannya untuk keadilan sosial. Sementara di sisi lain, dia harus tampil di lapangan sebagai seorang pemain profesional.

"Hanya memisahkan antara apa yang terjadi di negara ini dengan pekerjaan saya sebagai pemain profesional. Sebab, bila tidak dipisahkan, semua akan jadi beban bagi saya pribadi," ucapnya. "Saya hanya ingin berbaring sejenak. Meyakinkan bahwa saya tidak ingin terlibat dengan apa yang terjadi di sekitar saya sekarang. Saya hanya ingin berjuang untuk komunitas saya, dan bermain basket."

Soal urusan pribadinya, Kyrie enggan menjawab pertanyaan soal pesta ulang tahun adiknya. Kyrie diduga melakukan pelanggaran protokol kesehatan NBA dengan menghadiri pesta yang melibatkan lebih dari 15 orang di Toronto, Kanada. Bukti video yang beredar di media sosial itu membuat Kyrie didenda oleh NBA. Dia juga harus menjalani karantina sebelum bergabung dengan Nets. Tetapi Kyrie senang sekarang sudah kembali normal.

Kyrie juga berbicara tentang perjuangan keadilan sosial. Dia ditanya tentang alasannya membelikan rumah untuk keluarga George Floyd. Sebab baru-baru ini, mantan pemain NBA Stephen Jackson dalam sebuat wawancara dengan CBS News mengatakan bawah Kyrie Irving membelikan rumah untuk Gianna, putri George Floyd.

"Saya punya banyak teman. Kyrie Irving membelikan mereka rumah. Manajer Lil Wayne membelikan mereka mobil. Barbara Streinsand memberi mereka saham di Disney," ungkap Stephen Jackson, dalam wawancara terpisah.

Itu bukan kali pertama Kyrie melakukan hal-hal yang penting untuk komunitasnya. Saat ia pulih dari operasi bahu pada akhir musim lalu, Kyrie tidak ingin bermain di "gelembung" NBA sebagai bentuk perjuangannya untuk keadilan sosial. Dia juga menyumbang gajinya sebesar AS$1,5 juta untuk para pemain WNBA yang tidak ingin bermain di "gelembung", baik karena alasan Covid-19 atau alasan keadilan sosial.

"Saya hanya ingin terus berjuang untuk komunitas kami. Saya hanya mencoba melakukan apa yang saya bisa lakukan, itu saja," jelas Kyrie.

Beralih ke tim Brooklyn Nets. Saat Kyrie menghilang, Nets berhasil mengakuisisi James Harden dari Houston Rockets dengan skema pertukaran pemain. Kini Nets bisa dikatakan memiliki "Big Three" era baru di NBA. Kyrie mengaku senang bisa bermain di tim yang sama dengan Harden dan Kevin Durant. Tak lupa dia mengirimkan salam kepada Caris LeVert, Jarrett Allen, Rodions Kurucs, dan Taurean Prince, yang kini sudah pindah tim.

"Luar biasa," kata Kyrie, mendukung langkah Nets. "Organisasi ini mendukung saya, dan itu yang saya minta. Ini tidak hanya penting bagi saya, tetapi untuk keluarga saya. Saya bertanggung jawab penuh atas ketidakhadiran saya. Saya juga sudah berbicara dengan teman-teman di tim."

Terakhir, Kyrie Irving mengatakan bahwa apa yang menjadi keyakinannya, pejuangannya tentang keadilan sosial, tidak memengaruhi kecintaannya pada permainan basket. Kyrie tidak peduli apa yang dikatakan para analis, komentator di NBA, bahkan media.

"Saya suka bermain. Itu komitmen pada diri saya sendiri," kata Kyrie. "Saya tidak terlalu peduli dengan media, tidak terlalu peduli dengan apa yang terjadi di sekitar saya. Yang saya pedulikan hanyalah etika permainan dan dasar-dasarnya. Penting juga menjaga kesehatan mental untuk menjadi pribadi yang seimbang."

"Ketika hidup mulai memberi banyak masalah, Anda harus mengambil langkah mundur, dan memikirkan apa yang benar-benar penting."

Kyrie Irving tampaknya akan dimainkan pada pertandingan melawan Cleveland Cavaliers di Quicken Loans Arena, Rabu malam waktu Amerika Serikat. Kepastian tersebut didapatkan setelah Brooklyn Nets mencabut nama Kyrie Irving dari daftar pemain yang absen di laga melawan Cavaliers. Akun twitter Nets hanya menyebutkan bahwa pemain yang absen yaitu Nic Claxton (cedera lutut kanan), dan Spencer Dinwiddie (cedera ACL). (tor)

Foto: The Guardian

Komentar