IBL

Brooklyn Nets akan memulai kamp pelatihan pada Minggu, 6 Desember 2020 waktu Amerika Serikat. Biasanya satu hari sebelum acara tersebut dimulai, ada kesempatan untuk para pemain melakukan wawancara dengan media. Tetapi kali ini, Kyrie Irving tak muncul dalam acara wawancara virtual. Dia malah mengirimkan pernyataan tertulis tentang rencananya di musim 2020-2021 nanti.

Karena alasan protokol kesehatan, maka "Media Day" untuk klub-klub NBA musim ini digelar secara virtual. Jadi dalam beberapa hari terakhir, semua tim mengadakan sesi wawancara dengan pemain yang berbeda-beda. Liga mewajibkan setiap pemain bersedia diambil fotonya saat latihan dan melakukan wawancara jarak jauh. Bila tidak bersedia, maka akan ada denda yang diberikan.

Khusus untuk tim Brooklyn Nets, hari Jumat, 4 Desember 2020, seharusnya menjadi jadwal wawancara untuk Kyrie Irving. Sayangnya, setelah menunggu lama, Irving tidak muncul dalam sesi wawancara virtual. Sebagai gantinya, dia mengeluarkan pernyataan tertulis yang dikirimkan kepada media. Seperti yang diunggah oleh reporter ESPN, Malika Andrews di akun twitternya.

Menurut Irving, dirinya memang sengaja tidak hadir dalam acara tersebut, dan sebagai gantinya menulis pernyataan, karena ingin pesannya tersampaikan dengan benar. Pada intinya, musim ini Irving ingin semua melihat penampilannya di lapangan saja. Dia tidak ingin banyak bicara.

"Kehidupan berbeda tahun ini," tulis Irving. "Dan itu menuntut kami, serta mengharuskan saya, untuk bergerak secara berbeda. Jadi, inilah awal dari perubahan itu."

Sebenarnya, Irving dan Kevin Durant merupakan dua sosok pemain yang paling dinantikan dalam sesi wawancara. Namun pernyataan tersebut seolah menegaskan bahwa Irving kali ini mengubah gaya komunikasinya. Chris Cwik dari Yahoo!Sports menulis bahwa tindakan Irving bisa membuatnya mendapatkan sanksi denda dari liga. Selain itu sikapnya tersebut menimbulkan pertanyaan baru, yaitu apakah sikap aksi diam Irving ini akan berlangsung selama musim 2020-2021 mendatang?

Irving belum bermain sejak bulan Maret 2020 lalu. Sejak bergabung dengan Nets, dia hanya tampil 20 pertandingan di musim 2019-2020 dengan catatan rata-rata 27,4 poin, 5,2 rebound, dan 6,4 asis per gim. Irving juga absen dalam lanjutan NBA 2019-2020 di Orlando karena tengah menyembuhkan cedera bahu kanannya.

Nets jadi salah satu tim yang paling ditunggu penampilannya musim ini. Sebab, Irving dan Durant sudah bisa diturunkan kembali. Selain itu, mereka akan dilatih oleh Steve Nash. (tor)

Foto: CBS Sports

Komentar