IBL

Kekesalan Tiongkok terhadap Dary Morey masih berlanjut. Setelah Houston Rockets, kini raksasa streaming Tencent menghentikan siaran langsung pertandingan Philadelphia 76ers. Sementara itu, Morey baru-baru ini mendapatkan denda dari NBA karena cuitannya di twitter.

Kasus Morey dan Tiongkok mencuat pada bulan Oktober 2019. Morey yang masih menjabat sebagai manajer umum Rockets mengunggah cuitan di twitter "Berjuang untuk Kebebasan, berdisi bersama Hong Kong". Akhirnya, Tencent dan CCTV sebagai pemegang hak siar TV eksklusif NBA tidak menayangkan pertandingan memboikot seluruh siaran NBA. Ini membuat NBA merugi ratusan juta dolar. Namun setelah melakukan negosiasi, CCTV akhirnya menayangkan Gim 5 Final NBA bulan Oktober lalu.

Dikutip dari AFP, ternyata sejak 22 Desember sampai sekarang, CCTV belum menyiarkan pertandingan NBA sama sekali. Sementara Tencent sudah mengeluarkan pernyataan tidak akan melakukan streaming untuk gim Philadelphia 76ers. Karena Daryl Morey kini menjabat sebagai presiden bola basket Sixers.

Sebenarnya pada bulan November lalu, Morey sempat khawatir dengan masa depan kariernya di NBA. Kepada ESPN, Morey mengatakan bahwa dukungan terhadap aktivis Hong Kong bisa mengancam pekerjaannya. Tetapi sampai saat ini, Morey masih merasa kehidupannya baik-baik saja. Dia juga tidak melakukan antisipasi apapun bila Tiongkok sampai melampiaskan kemarahannya ke NBA. 

Sementara itu, pada hari Senin lalu, NBA mengumumkan telah memberikan sanksi denda kepada Daryl Morey. Kali ini juga berkaitan dengan cuitannya di twitter. Morey mengunggah gambar James Harden sebagai peringatan satu tahun pecah rekor asis di Houston Rockets. Menurut Adrian Wojnarowski, Morey sudah memberi penjalasan kepada NBA bahwa postingan tersebut naik secara otomatis. Karena beberapa saat setelah dirinya menyadari ada gambar tersebut, Morey segera menghapusnya. Namun NBA tetap memberikan denda sebesas AS$50 ribu.

Morey bekerja untuk Rockets sejak 2007 hingga Oktober 2020. Dua minggu setelah mengundurkan diri dari Rockets, dia bergabung dengan Sixers. Kepergian Morey membuat suasana tim Rockets bergejolak. Terutama mengenai perdagangan James Harden. (tor)

Foto: nba.com

Komentar