IBL

Peraih gelar Most Improved Player NBA 2020 dan juga forwarda New Orleans Pelicans, Brandon Ingram, mendapat kabar bahagia. Tim yang baru ia bela satu musim menunjukkan bukti kepercayaan mereka kepadanya dengan memberikan perpanjangan kontrak maksimal selama lima tahun dengan nilai AS$158 juta. Kabar ini disampaikan oleh ESPN.

Ingram dan Pelicans sebenarnya sudah bisa menjalin kesepakatan perpanjangan kontrak sebelum musim 2019 – 2020. Sayangnya, kala itu kedua belah pihak gagal menemui kata sepakat. Pelicans ragu dengan gangguan di paru-paru Ingram yang dideteksi saat ia masih membela Los Angeles Lakers. Namun, Ingram membuktikan bahwa hal itu bukanlah masalah sepanjang musim lalu dan akhirnya kesepakatan pun terjalin.

(Baca juga: Ben Simmons Dapat Perpanjangan Kontrak Masimal Lima Tahun AS$170 Juta)

Gelar Most Improved Player datang kepada Ingram bukan tanpa sebab. Catatan 23,8 poin, 6,1 rebound, 4,2 asis, dan 1,0 steal per laga membuatnya pulang dengan gelar individu pertama Ingram di NBA. Angka tersebut meingkat pesat dari musim sebelumnya dengan 18,3 poin, 5,1 rebound, 3,0 asis, dan 0,5 steal per gim.  Catatan ini juga membawa Ingram tampil di laga All Star pertamanya musim lalu.

Tak hanya produktif, Ingram juga berkembang menjadi pemain yang cukup efektif. Ia memiliki catatan akurasi tripoin di angka 39 persen dan efektivitas tembakan menyentuh 53 persen. Catatan efektivitas tersebut sedikit di atas rata-rata liga dengan 52 persen. Dari tembakan gratis, Ingram juga meningkat jauh dari 67 persen di musim sebelumnya menjadi 85 persen di musim lalu.

(Baca juga: Jamal Murray Perpanjang Kontrak dengan Denver Nuggets)

Sebagai pilihan kedua NBA Draft 2016, banyak pihak cukup meragukan kelangsungan karier Ingram. Apalagi, tiga musim pertamanya bersama Lakers tak berjalan cukup baik. Secara prestasti tim, Lakers babak-belur. Sedangkan secara individu, Ingram bukanlah tokoh utama di Lakers, terlebih setelah kedatangan LeBron James.

Namun, pertukaran Lakers dan Pelicans untuk Anthony Davis membawa berkah tersendiri bagi Ingram. Ditambah cederanya ruki pilihan pertama NBA Draft 2019, Zion Williamson, Ingram jadi opsi utama serangan Pelicans, bahkan melewati Jrue Holiday. Hebatnya, alumnus Duke University ini menjawab kepercayaan itu dengan sangat baik.

(Baca juga:Pascal Siakam Sepakati Perpanjangan Kontrak Maksimal Empat Tahun)

Ingram jadi pemain keempat di angkatan NBA Draft 2016 yang mendapatkan kontrak. Tiga nama lain mendapatkannya pada musim lalu. Mereka adalah Ben Simmons, Jamal Murray, dan Pascal Siakam. Ingram dan Simmons jadi dua nama yang mewakili lima besar pilihan kelas draft tersebut. Murray sendiri terpilih di peringkat tujuh sedangkan Siakam terpilih di urutan 27. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar