IBL

Teka-teki masa depan Pascal Siakam di Toronto Raptors terjawab sudah. Kabar yang menyebutkan bahwa Siakam mengincar kontrak maksimal beberapa waktu lalu akhirnya terwujud. Dilaporkan oleh ESPN, Siakam dan Raptors baru saja menyepakati perpanjangan kontrak maksimal.

Namun, durasi yang dipilih bukan lima tahun, melainkan empat tahun. Dengan ini, nilai kontrak yang diterima Siakam berada di kisaran AS$130 juta. Selain itu, perpanjangan kontrak ini juga dikabarkan tak menyertakan opsi-opsi khusus. Artinya, kontrak ini akan murni berjalan selama empat tahun.

Meski cukup membawa teka-teki, kesepakatan ini sebenarnya bukanlah kejutan. Apa yang ditunjukkan Siakam sejak masuk ke NBA dan khususnya musim lalu sudah membuat para pengamat yakin kontrak maksimal ini hanya akan menunggu waktu. Tidak ada satupun pihak yang akan menyanggah kelayakan Siakam untuk mendapatkan kontrak maksimal ini.

Di sisi lain, ucapan Kepala Pelatih Raptors, Nick Nurse, beberapa hari lalu tentang keinginannya memusatkan permainan kepada Siakam juga bisa dibilang sebagai tanda awal kesepakatan ini akan terjadi. Dengan skuat yang ada sekarang dan kesepakatan baru ini, jelas rasanya Raptors akan fokus membangun tim dengan berpusat pada Siakam di masa-masa mendatang.

Musim 2018-2019 bisa dibilang menjadi musim terbaik Siakam. Selain mengantar Raptors meraih juara dan mendapatkan gelar Most Improved Player of the Year, statistik pemain asal Kamerun ini juga tidak main-main. Tampil dalam 80 pertandingan, ia menorehkan rataan 16,9 poin, 6,9 rebound, dan 3,1 asis. Persentase tembakan keseluruhannya (FG%) mencapai 54,9 persen. Efektivitas tembakan keseluruhan (eFG%) 59,1 persen. Sementara true shooting percentage (TS%) 62,8 persen.

Kesepakatan ini juga menempatkan Siakam sebagai jajaran elit angkatan NBA Draft 2016. Pasalnya, selain Siakam, hanya ada dua pemain lain yang sudah mendapatkan perpanjangan kontrak maksimal dari angkatan tersebut. Dua pemain itu adalah Jamal Murray dan Ben Simmons. Bedanya, kedua pemain tersebut menyepakati kontrak berdurasi lima tahun. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar