IBL

Keberhasilan Toronto Raptors meriah gelar juara NBA 2019 tak lepas dari performa gemilang pemain muda mereka, Pascal Siakam. Dengan kisah karier yang menarik dan perkembangan pesatnya sebagai pemain, Pascal tumbuh menjadi harapan baru Raptors. Harapan baru Raptors di musim-musim mendatang jika deretan pemain veteran mereka akhirnya pergi dari tim.

Hal tersebut membuat Pascal dikabarkan siap memperpanjang kontrak dengan Raptors. Dilansir The Athletic, pemain berusia 25 tahun tersebut menginginkan perpanjangan kontrak maksimal senilai AS$170 juta selama lima musim. Sekarang, Pascal mendapatkan bayaran di kisaran hanya AS$2,5 juta, hasil dari kesepakatan kontrak rukinya.

Mengatasi kontrak Pascal akan menjadi penentuan masa depan Raptors. Jika sepakat di kontrak maksimal, maka bisa dibilang Raptors akan membangun skuat mereka dengan berpusat kepada pemain asli Kamerun ini. Namun, jika Raptors melewatkan kesempatan perpanjangan kontrak ini, Pascal bisa menyebrang ke tim lain. Apalagi, melihat kepada kontraknya, Pascal bisa menjadi restricted free agent di akhir musim nanti.

Di sisi lain, Raptors bisa saja mengambil perpanjangan kontrak dengan nilai yang lebih kecil AS$130 juta selama empat musim. Namun, hal ini juka bisa berakibat pada kepercayaan Pascal kepada tim dan jangka panjang pembangunan skuat Raptors.

Jika nantinya benar mendapatkan kontrak maksimal, maka Pascal akan menjadi pemain ketiga dari kelas NBA Draft 2016 yang mendapatkan perpanjangan kontrak maksimal. Sebelumnya, sudah ada nama Ben Simmons dan Jamal Murray yang lebih dulu menyepakati hal serupa dengan tim masing-masing.

Berbeda dengan dua pemain tersebut, Pascal berada dalam tim yang masih dipenuhi pemain veteran dan berkelas. Kyle Lowry, Serge Ibaka, dan Marc Gasol bisa menjadi mentor yang tepat untuk Pascal meraih potensi terbaiknya. Gelar Most Improved Player of the Year adalah bukti nyata perkembangan Pascal musim lalu.

Menarik menunggu langkah apa yang akan dilakukan Raptors mengatasi kontrak salah satu pemain potensialnya. Di sisi lain, tiga veteran yang disebut di atas juga menanti masa depan mereka. Ketiganya akan habis kontrak di akhir musim dan arah masa depan Raptors akan terbaca di sana. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar