IBL

Pascal Siakam telah melewati musim terbaiknya bersama Toronto Raptors di NBA pada 2018-2019. Saat itu ia tidak hanya menjadi Most Improved Player of the Year, tetapi juga seorang juara liga. Dengan gelar itu, Siakam siap untuk bermain di tingkat yang lebih tinggi.

Menurut President of Basketball Operations Masai Ujiri, Siakam bahkan berencana untuk menjadi seorang superstar di NBA. Sang pemain mengatakan itu di hadapan peserta kamp bola basket untuk para pemuda di Kamerun. Kebetulan Siakam dan Ujiri menghabiskan waktu bersama untuk memberi pelatihan kepada anak-anak di sana.

Siakam sejauh ini memang tampak memiliki masa depan yang cerah. Apalagi dengan apa yang baru saja terjadi pada 2018-2019. Ia telah membuktikan bahwa dirinya berpotensi untuk menjadi seorang superstar.

Selama tiga musim di NBA, performanya juga selalu meningkat. Siakam, misalnya, mampu mencetak rata-rata 16,9 poin, 6,9 rebound, dan 3,1 asis dalam 80 pertandingan reguler musim lalu. Padahal pada 2017-2018 ia hanya mencetak 7,3 poin, 4,5 rebound, dan 2 asis per 81 pertandingan. Itulah mengapa NBA menganugerahinya gelar pemain paling berkembang.

Saat playoff, Siakam juga cukup impresif. Ia membantu Raptors mengalahkan setiap lawannya di berbagai putaran. Sampai akhirnya ia berhasil menjadi juara.

Kendati demikian, Siakam bukan tanpa cela. Ia masih memiliki kekurangan. Saat final, Kepala Pelatih Nick Nurse bahkan sempat menariknya dari pertandingan karena ketidakmampuannya menahan serangan lawan. Oleh karena itu, Siakam pun ingin menjadi lebih baik lagi dengan terus berlatih keras. Apalagi musim depan Raptors sudah tidak diperkuat Kawhi Leonard yang merupakan pemain andalan mereka.

Dengan absennya Leonard, Siakam bisa saja menjadi wajah utama tim selanjutnya. Itu tergantung usahanya. Saat ini, motivasinya sedang mengarah ke sana. Siakam tinggal membuktikannya. (put)

Foto: NBA

Komentar