IBL

Pascal Siakam berusaha menjadi bintang utama Toronto Raptors pascakepergian Kawhi Leonard. Ia menekan dirinya semaksimal mungkin agar timnya juga bisa mempertahankan juara. Setelah tampil dalam pertandingan melawan New Orleans Pelicans, misalnya, Siakam berhasil unjuk gigi dengan mencetak 44 poin dan 10 rebound.

Perolehan itu kini membuat Siakam sejajar dengan Vince Carter, Chris Bosh, dan DeMar DeRozan. Mereka merupakan pemain-pemain Raptors yang pernah mencetak setidaknya 40 poin dan 10 rebound dalam beberapa pertandingan.

Selain saat melawan Pelicans, Siakam mencetak 44 poin dan 10 rebound pada 2018-2019 lalu. Itu terjadi ketika Raptors mengalahkan Washington Wizards. Skor akhir 129-120. Pada musim yang sama, Siakam meraih gelar Most Improved Player of the Year.

Dengan pencapaian itu, Kepala Pelatih Nick Nurse semakin percaya kepada Siakam. Ia memberinya peran sebagai pencetak angka utama. Apalagi mengingat Leonard sudah tidak ada. Ia memutuskan hengkang ke Los Angeles Clippers.

Kepergian Leonard menjadi kesempatan bagi Siakam. Ia punya peran yang jauh lebih penting dari sebelumnya. Namun, berperan sebagai pencetak angka utama tidaklah mudah. Siakam tahu itu. Oleh karenya, ia berusaha untuk meningkatkan diri sejak keluar sebagai juara musim lalu.

Dalam delapan pertandingan, Siakam sudah mengoleksi rata-rata 26 poin, 9 rebound, dan 4 asis. Seandainya ia mampu mempertahankan performa itu, boleh jadi Raptors kembali ke playoff dan memiliki kesempatan untuk menjadi juara lagi. Saat ini saja mereka mengantungi rekor menang-kalah 6-2. Siakam dkk. lebih sering menang daripada kalah. (put)

Foto: NBA

Komentar