IBL

Juara bertahan Toronto Raptors membuka musim 2019-2020 dengan mengalahkan New Orleans Pelicans. Pascal Siakam, forwarda andalan mereka, mencetak 34 poin, 18 rebound, dan 5 asis di Scotiabank, Toronto, Ontario, Kanada, Selasa 22 Oktober 2019 waktu setempat. Ia menjadi pemain pertama sejak 1992 dengan rekor statistik seperti itu sebuah laga pembuka.

Dalam sejarah NBA, hanya ada dua pemain yang pernah mencetak 34-18-5 di sebuah laga pembuka. Charles Barkley merupakan orang pertama yang melakukannya. Siakam baru mengikuti jejaknya setelah 27 tahun.

Dengan rekor itu, Siakam sekaligus menegaskan perannya sebagai pemain inti Raptors pascakepergian Kawhi Leonard. Ia ingin menunjukkan bahwa dirinya mampu menjadi opsi utama tim. Meski akhirnya dikeluarkan dari pertandingan karena melakukan enam pelanggaran, Siakam berhasil keluar sebagia pemain terbaik dan mengantarkan timnya menang.

Siakam juga baru meneken perpanjangan kontrak belakangan ini. Raptors menyodorkan ekstensi maksimal empat tahun senilai AS$130 juta. Mereka percaya Siakam akan membantu tim untuk mempertahankan juara. Forwarda berusia 25 tahun itu pun hendak membuktikannya.

Menurut Siakam, dirinya kini tidak merasakan adanya batasan. Ia merasa kemampuannya masih bisa berkembang. Pertandingan pertama hari ini membuktikan kualitas perkembangannya sejak memenangkan kejuaraan musim lalu.

Selanjutnya, Siakam akan kembali bermain dengan meningkatkan kualitas diri. Raptors masih punya sisa 81 pertandingan reguler. Seandainya lancar, mereka berpotensi menembus playoff lagi. Namun, Siakam tidak ingin berhenti sampai di situ. Ia ingin juara lagi. Oleh karena itu, Raptors mesti memenangkan pertandinan sebanyak mungkin. (put)

Foto: NBA

Komentar