IBL

Los Angeles Lakers dipastikan kehilangan satu pilar mereka di balik gelar juara NBA 2020. Senter cadangan mereka, Dwight Howard, diumumkan bergabung ke Philadelphia 76ers. Hal ini pertama kali dikabarkan oleh The Athletic. Howard sepakat dengan kontrak satu tahun senilai AS$2,6 juta. Howard jadi pemain bebas pertama yang menemui kata sepakat dengan Sixers di jeda musim kali ini.

Howard adalah salah satu sosok penting untuk Lakers utamanya dalam barisan cadangan dan pertahanan. Kehadiran Howard musim lalu membuat Lakers leluasa mengistirahatkan Anthony Davis atau JaVale McGee dan memberi Rajon Rondo rekan duet pick n roll yang tepat saat memimpin barisan cadangan.

Dari 69 gim musim reguler, Howard hanya dua kali memulai gim sejak tepis mula. Dengan rata-rata bermain 18,9 menit, Howard mencetak rataan 7,5 poin, 7,3 rebound, dan 1,1 blok per gim. Kecuali blok, seluruh catatan Howard musim lalu adalah yang terendah sepanjang kariernya. Namun, Howard berhasil menutup musim dengan cincin juara pertamanya.

(Baca juga: OKC Thunder Kirim Danny Green ke Philadelphia untuk Mendapatkan Al Horford)

Kesepakatan Howard dengan Sixers juga berarti reuni untuknya dan Presiden Operasional Basket Sixers, Daryl Morey. Keduanya sempat bersama di bawah panji Houston Rockets beberapa tahun silam. Sayangnya, kebersamaan tersebut hanya berlangsung tiga tahun dan tak berujung dengan prestasi istimewa.

Di sisi lain, kesepakatan ini juga dilalui sebuah drama. Sebelum kabar Howard merapat ke Sixers, melalui akun twitter pribadinya, Howard sempat menulis bahwa ia akan bertahan dengan Lakers. Cuitan tersebut lantas dihapus dan sekitar 75 menit kemudian, Howard dilaporkan akan bermain untuk Sixers musim depan.

Howard sendiri tampaknya tidak akan mendapat tempat utama di Sixers seiring kehadiran Joel Embiid. Namun, Howard diharapkan bisa menjadi mentor untuk Embiid sebagai sosok pemimpin di tim selayaknya Howard lakukan kala memimpin Orlando Magic lolos ke final NBA 2009.

Sebelum Howard, Sixers lebih dulu aktif di pasar pertukaran pemain dan menghasilkan kedatangan Seth Curry serta Danny Green. Keduanya sama-sama dikenal sebagai penembak jitu dan diharapkan bisa mengatasi masalah utama Sixers musim lalu, frekuensi dan akurasi tripoin. Green dan Howard sama-sama datang dari tim juara Lakers. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar