IBL

Pemain Houston Rockets Robert Covington merasa bahwa program basket kampus berperan penting dalam kariernya. Oleh karena itu, lulusan Tenesse State University (TSU) tersebut memberikan dana besar untuk program basket kampusnya dengan membangun fasilitas olahraga bernama "Covington Pavilion". Fasilitas tersebut akan membantu mahasiswa TSU mengembangkan ketrampilan basket, dan menyiapkan pemain yang ingin berkarier di NBA.

Covington memberikan dana yang besar untuk pembangunan dua lapangan latihan, ruang loker untuk pemain, dan kantor untuk program basket pria dan wanita. Proyek tersebut akan dimulai pada pertengahan tahun 2021 mendatang.

Ternyata, Covington sejak awal sudah berkomitmen untuk pengembangan basket di TSU. Ini dikatakan oleh Direktur Atletik TSU Dr. Mikki Allen. Mereka berdua sama-sama ingin membuat TSU Basketball menjadi program yang diakui secara nasional. Setelah sukses di NBA, Covington akhirnya mau melakukan investasi besar untuk mewujudkan visi tersebut.

"Sebagai Direktur Atletik, saya berterima kasih kepada Rob (Covington), yang akan mengubah program kami ke arah yang lebih baik. 'Covington Pavilion' akan membuat TSU bisa melakukan perekrutan mahasiswa dari jalur bola bakset. Selama ini tim basket kami belum bisa melatih pemain secara maksimal karena keterbatasan fasilitas," katanya, dikutip dari nba.com.

Sebelumnya, Covingto memberikan sumbangan untuk program basket TSU sebesar AS$75 ribu pada bulan April 2019 silam. Tetapi kali ini Covington mengucurkan dana lebih besar lagi. Covington sendiri dikenal memiliki hubungan dekat dengan petinggi TSU. Dia juga dekat dengan kepala pelatih TSU, Penny Collins.

"Rob telah menjadi inspirasi bagi student-athlete di kampis ini sejak dia tampil di NBA. Rob sudah menjadi legenda kampus dengan komitmen yang dia miliki," ujar Collins.

"Saya mencintai almamater saya. Saya tidak menyumbang dana besar hanya untuk pengakuan, tapi karena saya perlu melakukan, dan saya benar-benar ingin memberikan apa yang saya bisa. Saya tahu apa yang tidak dimiliki kampus ketika saya masih belajar di sini. Sekarang, dengan fasilitas ini, saya ingin mahasiswa merasa impian mereka bisa menjadi kenyataan di sini. Karena impian saya benar-benar tercapai," ucap Robert Covington.

Covington belajar sekaligus membela tim basket TSU sejak 2009 hingga lulus tahun 2013. Dia tidak masuk Draft NBA (Undrafted). Tapi Covington tampil menawan bersama Rockets di NBA Summer League 2013. Berkat penampilan tersebut, dia mendapatkan kontrak profesional pertamanya di Rockets.

Setelah semusim bersama Rockets, karier Covington berlanjut ke Philadelphia 76ers selama lima musim (2014-2019). Tetapi sebelum musim 2018-2019 berakhir dia ditukar dengan Jerryd Bayles dan Dario Saric. Pertukaran tersebut juga melibatkan Jimmy Butler dan Justin Patton. Pada pertengahan tahun 2019-2020, Covington kembali ke Rockets lewat skenario pertukaran pemain. (tor)

Foto: localmemphis.com

Komentar