IBL

Lebih dari satu tahun lalu, ketika Houston Rockets memutuskan menukar Chris Paul ke Oklahoma City Thunder untuk mendapatkan Russell Westbrook, banyak yang mengira karier CP3 (sapaan akrab Chris Paul) akan menemui akhir. Namun, pihak-pihak yang menilai seperti itu, kini harus menjilat ludah mereka sendiri.

Satu musim kebersamaan CP3 dengan pasukan muda Thunder mengubah pandangan seluruh penikmat NBA atas performanya. CP3 berhasil memimpin Thunder finis di urutan kelima Wilayah Barat dengan rekor 44 kali menang dan 28 kali kalah. Rekor tersebut sama persis dengan Rockets di peringkat empat dan Utah Jazz di peringkat enam.

Di babak playoff, CP3 dan Thunder bertemu Rockets. Sempat diprediksi Rockets akan melaju dengan mudah, faktanya seri berlangsung hingga gim tujuh. Di seri ini pula, dalam beberapa kesempatan CP3 menunjukkan kepada publik bahwa ia belum habis, ia masih mampu memimpin tim tanpa bintang bertarung di playoff.

Hasil dari performa tersebut berujung pada ketertarikan tim lain atas jasa CP3. Saat musim belum berakhir saja, CP3 sudah dikaitkan dengan beberapa tim seperti New York Knicks dan Milawukee Bucks, tim-tim yang merasa butuh peningkatan di posisi garda utama. Terbaru, ESPN mengabarkan bahwa Phoenix Suns juga masuk dalam daftar tim yang tertarik untuk memberikan paket pertukaran bagi CP3.

Kabar ini ditanggapi dengan sangat semangat oleh banyak penikmat NBA. Pasalnya, saat NBA melanjutkan musim di “gelembung” Suns berhasil tampil impresif dengan sama sekali tak kalah dari delapan gim. Sayangnya, catatan mereka sebelum hiatus yang sangat buruk membuat anak-anak asuh Monty Williams gagal lolos ke playoff.

Dalam performa di “gelembung” tersebut terlihat bagaimana Suns bisa bekerja dengan baik mengandalkan Devin Booker, Deandre Ayton, Mikal Bridges, hingga ruki Cameron Johnson. Dan jika empat pemain ini adalah pemain yang “tidak tersentuh” untuk pertukaran, Suns rasanya juga masih punya paket yang mungkin menggoda Thunder.

(Baca juga: Knicks Berminat Rekrut Carmelo Anthony, Chris Paul, dan Michael Kidd-Gilchrist)

Dengan gaji CP3 yang mencapai AS$41 juta musim depan dan ruang gaji yang jauh dari batas (AS$93 juta, batas gaji AS$109 juta), penawaran terbaik Suns adalah Ricky Rubio atau Kelly Oubre Jr., atau bahkan keduanya. Kebetulan, dua pemain itu juga akan habis kontrak selepas musim depan. Suns juga punya hak memilih di urutan ke-10 untuk musim ini dan deretan hak memilih di musim-musim selanjutnya.

Untuk Thunder sendiri, pertukaran ini seharusnya tidak berpengaruh banyak untuk skuat mereka. Thunder yang hingga kini belum menentukan kepala pelatih mereka masih memiliki Dennis Schroder dan Shai Gilegous-Alexander yang telah terbukti bisa menjadi tumpuan tim. Bersama CP3, ketiganya adalah top skor Thunder musim ini.

Menarik menunggu bagaimana rumor ini akan berakhir. Namun, jika CP3 benar-benar merapat ke Suns, bisa dipastikan Suns akan menjadi tim yang paling ditunggu performanya musim depan. Bukan tidak mungkin, Suns akhirnya kembali ke playoff sejak terakhir kali bermain di playoff pada 2010 lalu. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar