IBL

Rumor beberapa waktu lalu tentang ketertarikan Phoenix Suns kepada garda veteran Oklahoma City Thunder, Chris Paul, benar-benar terwujud. Pemain yang akrab disapa CP3 tersebut menyebrang ke Suns  bersama Abdel Nader usai Suns mengirimkan Ricky Rubio, Kelly Oubre Jr., Ty Jerome, Jalen Lecque, dan hak memilih putaran pertama NBA Draft 2022. Hal ini pertama kali dikabarkan oleh ESPN.

Aset-aset utama yang masuk dalam pertukaran ini memang sesuai dengan prediksi yang ada. CP3 diharapkan mampu menjadi sosok veteran yang membantu dua bintang muda Suns, Devin Booker dan Deandre Ayton berkembang menjadi lebih baik. Suns sendiri terlihat semakin mantap usai tak sekalipun kalah dari delapan gim lanjutan NBA di “gelembung” lalu.

Sepanjang musim, CP3 yang dianggap telah habis setelah Houston Rockets mengirimnya ke Thunder justru tampil impresif. Dalam 70 gim musim reguler, ia menorehkan rataan 17,6 poin, 5,0 rebound, 6,7 asis, dan 1,6 steal per gim dengan akurasi tripoin 36 persen. Kecuali statistik asis, seluruh catatan CP3 mengalami peningkatan dari musim terakhirnya di Rockets.

(Baca juga: Phoenix Suns Masuk ke Daftar Tim yang Tertarik Ambil Chris Paul)

Catatan impresif tersebut bahkan meningkat di babak playoff. Meski Thunder harus tersingkir dari Rockets di putaran pertama, pertarungan hingga gim tujuh menunjukkan bahwa Thunder cukup mengancam meski turun tanpa pemain berstatus pernah bermain di All Star kecuali CP3. Dalam tujuh gim tersebut, CP3 mencetak 21,3 poin, 7,4 rebound, 5,3 asis, dan 1,6 steal per laga. CP3 adalah top skor Thunder di playoff.

Di sisi sebaliknya, pemain yang dilepas oleh Suns, utamanya Rubio dan Oubre memang adalah pemain utama, tapi tidak cukup signifikan. Peran Rubio tidak cukup mencolok selama di “gelembung” sedangkan Oubre justru cedera dan tidak bermain sama sekali di lanjutan musim. Oleh sebab itu, pertukaran ini terlihat cukup menguntungkan Suns.

Pun demikian, Thunder tak sepenuhnya merugi. Mendapatkan satu hak memilih putaran pertama membuat Thunder memiliki total 16 hak memilih putaran pertama sampai gelaran NBA Draft 2026 nanti. Ini adalah jumlah hak memilih putaran pertama terbanyak yang dimiliki tim NBA sekarang. Mayoritas hak memilih ini datang dari pertukaran Paul George ke Los Angeles Clippers musim lalu. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar