IBL

Phoenix Suns, utamanya Devin Booker tampil menggila di gim 6 dalam kemenangan 113-100 atas Los Angeles Lakers, Kamis, 3 Juni 2021, waktu setempat. Meski bertindak sebagai tamu, Suns langsung tancap gas sejak tepis mula. Lakers tak sekalipun dalam posisi unggul di sepanjang gim ini. Keunggulan terbesar Suns bahkan mencapai 29 poin.

Booker mencetak dobel-dobel 47 poin dan 11 rebound selama 45 menit bermain. Ia memasukkan 15/22 tembakan (68 persen), termasuk di dalamnya 8/10 tripoin. Booker juga sempurna dari sembilan kali percobaan tembakan gratis. Menariknya, 33 dari keseluruhan poin Booker tercipta di paruh pertama. Lebih gilanya lagi, 22 dari 33 poin tersebut tercipta di kuarter pembuka.

Sebagai pembanding, Lakers secara keseluruhan tim hanya mencetak 14 poin di kuarter pertama. Booker juga memasukkan enam tripoin di kurun waktu tersebut. Booker jadi pemain pertama dalam sejarah Suns yang mampu mencetak dobel-dobel dengan 40+ poin dan 5+ tripoin. Terdekat, pada 2010 lalu Amar’e Stoudemire juga mampu menyentuh dobel-dobel dengan 40+ poin. Namun ia tak mencetak 5+tripoin.

Bantuan terbaik untuk Booker hari ini adalah Jae Crowder dengan 18 poin hasil dari 6/9 tripoin. Mikal Bridges dan Cameron Johnson masing-masing menambahkan 10 poin. Chris Paul dan Deandre Ayton tampil tak terlalu agresif hari ini. Paul terkendala foul trouble yang membuatnya “hanya” mencetak 8 poin dan 12 asis. Ayton juga tampak santai dengan 8 poin selama 31 menit. Ia hanya melepaskan empat tembakan sepanjang gim.

Harapan untuk Lakers sebenarnya kembali naik saat Anthony Davis yang absen di gim sebelumnya bisa memulai gim. Sayangnya, lima menit laga berjalan, ia kembali mengalami cedera pangkal paha yang sama. Cedera ini bahkan tak terjadi saat ada kontak. Davis hanya berusaha menjaga Booker dari upaya layup dan saat berusaha loncat, kakinya sudah terganggu. Davis tak lagi kembali bermain setelah itu.

Di usia yang semakin senja, LeBron James memanggul beban tim sendiri. Bermain 41 menit (terlama untuk Lakers), LeBron mencetak 29 poin, 9 rebound, dan 7 asis. Di akhir-akhir laga, LeBron bahkan sudah kehabisan tenaga untuk sekadar membawa bola dengan berlari. Dennis Schroder menambahkan 20 poin sedangkan Kentvious Caldwell-Pope mencetak 19 poin.

Suns akan jumpa Denver Nuggets di semifinal Wilayah Barat. Keuntungan laga kandang akan menjadi milik Suns. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar