IBL

Setelah menentukan tanggal 22 Desember sebagai awal musim 2020-2021, NBA masih punya beberapa agenda yang harus diselesaikan. Liga dan Asosiasi Pemain (NBPA) akan menyusun agenda seperti bursa pemain bebas agen, NBA Draft, tenggat waktu untuk perpanjangan kontrak pemain, termasuk perpanjangan kontrak ruki, seperti Jayson Tatum.

NBA dan NBPA akhirnya sepakat memotong masa jeda kompetisi lebih pendek dari biasanya. Tujuan utamanya agar NBA bisa kembali ke jadwal normal pada musim 2021-2022. Meski skenario "gelembung" NBA sukses dijalankan, tetapi pejabat liga dan sponsor tidak suka dengan format tersebut. Karena terbukti menurunkan jumlah penonton televisi.

Akhirnya, salah satu strategi NBA adalah menggelar pertandingan sebelum Hari Natal 2020. Ini untuk memancing pemirsa televisi menyaksikan pertandingan NBA selama libur Natal dan Tahun Baru. NBA juga membuat skenario dengan menjadwalkan pertandingan 10 tim papan atas liga di awal musim. Tujuannya agar liga bisa menghasilkan iklan yang besar untuk mengurangi kerugian.

Menurut The Athletic, NBA yang dimulai pada 22 Desember tersebut akan berakhir pada 16 Mei 2021 untuk musim regulernya. Sedangkan pertandingan terakhir Final NBA 2021 paling lambat digelar 22 Juli 2021. Soal penonton, komisaris NBA Adam Silver menyebut bahwa mereka bisa hadir diperkirakan pada bulan Maret atau April.

"Sebagai sebuah liga, bahkan sejak pertengahan Maret ketika kami tutup, kami telah secara intensif meneliti dan menguji semua jenis tes Covid-19," kata Adam Silver kepada San Francisco Chronicle. "Ada kemajuan signifikan dalam tes cepat Covid-19. Kami cukup optimis bahwa pasar akan menghasilkan lebih banyak bentuk alat tes yang lebih cepat."

Sementara itu, Gary Washburn dari Boston Globe, dalam catatan hari Sabtu, 7 November 2020, menulis bahwa ada berita yang bakal ditunggu penggemar NBA dalam beberapa hari ke depan. Pertama adalah tentang pemain bebas agen. Mereka yang akan ditunggu kabarnya seperti Fred Van Vleet, DeMar DeRozan, Brandon Ingram, Andre Drummond, Mike Conley, Marc Gasol, dan Serge Ibaka. Lalu yang kedua tentang Draft NBA 2020 yang dijadwalkan tanggal 18 November mendatang. Penggemar NBA ingin mengetahui siapa yang menempati peringkat teratas.

Ketiga tentang Toronto Raptors. Klub yang sedang mencari rumah sementara karena mereka tidak bisa bermain di Kanada. Pembatasan perjalanan antar-negara yang diberlakukan Kanada, membuat Raptors harus mencari rumah baru di wilayah Amerika Serikat. Sampai hari ini mereka belum memutuskan akan pindah ke kota mana. Mungkin beberapa hari ke depan, manajemen Raptors akan membuat keputusan.

Khusus untuk Celtics, Washburn menulis bahwa penggemar Celtics sedang mencari tahu bagaimana nasib Gordon Hayward. Apakah tetap bersama Celtics dengan bayaran AS$34 juta, atau pergi ke tim lain. Selain itu, penggemar Celtics juga ingin tahu mengenai Jayson Tatum. Dia baru saja menyelesaikan kontrak ruki dan bersiap menyambut tawaran maksimal dari Celtics. Ada rumor bahwa Tatum akan meminta bayaran maksimal sebesar AS$170 juta untuk jangka panjang. (tor)

Foto: Toronto Suns

Komentar