IBL

Toronto Raptors melakoni laga kedua mereka di NBA 2018-2019 dengan melawan Boston Celtics. Pada kesempatan itu, Raptors berhasil merengkuh kemenangan 113-101 di kandang mereka di Scotiabank, Toronto, Ontario, Kanada, Jumat 19 Oktober 2018. Kawhi Leonard menjadi bintang pertandingan yang menyelamatkan wajah timnya di hadapan penggemar.

Leonard, forwarda, 27 tahun, tampil gemilang di pertandingan ini. Ia mencetak dobel-dobel 31 poin dan 10 rebound. Serge Ibaka, yang bergeser ke posisi senter, menyumbang 21 poin dan 6 rebound. Danny Green lalu menambahkan 15 poin, 6 rebound, dan 6 asis sementara Kyle Lowry 14 poin, 5 rebound, dan 3 asis.

Di kubu Celtics, Kyrie Irving mulai menunjukkan penampilan aslinya. Ia mencetak 21 poin, 6 asis, dan 4 rebound. Jayson Tatum, pahlawan di pertandingan pembuka, kini mencetak 16 poin dan 9 rebound. Tiga starter lainnya kemudian mencetak dobel digit angka juga dengan total 41 poin. Namun, perolehan mereka kemudian tidak berbuah kemenangan.

Pertandingan berlangsung ketat selama empat kuarter. Raptors memenangkan pertandingan karena berhasil mencetak 30+ poin di kuarter 2-4. Mereka berkali-kali berhasil merebut momentum di tengah ketatnya persaingan tadi.

Jika dilihat dari persentase tembakan, misalnya, kedua tim sebenarnya tidak terpaut terlalu jauh. Hanya saja Raptors lebih baik dengan memasukkan 46,7 persen tembakannya ketika Celtics tertahan di angka 40,4. Kendati begitu, Celtics ternyata masih lebih baik dalam hal tripoin. Mereka memasukkan 38,9 persen tembakannya di belakang garis busur sementara Raptors hanya 37,1.

Celtics bahkan mengawali pertandingan dengan keunggalan 25-18 di kuarter satu. Mereka tampil lebih akurat daripada lawannya dengan persentase field goal 40 persen sementara Raptors 33 persen. Namun begitu, mereka punya satu kesamaan: pemain bintang kedua tim seperti Kyrie Irving dan Kawhi Leonard justru tidak bersinar di awal pertandingan. Mereka mendapat sumbangan poin terbanyak dari para senter. Al Horford dan Serge Ibaka masing-masing mencetak enam poin untuk timnya.

Di kuarter dua, Raptors tancap gas untuk membalikkan keadaan. Mereka sedikitnya mengumpulkan 31 poin lewat tembakan-tembakan tiga angka (5 masuk dari 8 percobaan). Akan tetapi, upaya itu tidak berhasil karena Kyrie Irving dan Jayson Tatum membuat Celtics mendulang 28 poin sehingga mereka tetap unggul 53-49.

Pertandingan semakin sengit di kuarter berikutnya. Kedua tim saling berbalas poin. Para bintang juga menunjukkan kebintangannya. Leonard, misalnya, sudah mengumpulkan 24 poin, 8 rebound, 3 asis, dan 1 steal dari tiga kuarter. Ia membuat Raptors berbalik unggul 82-79. Mereka bisa melakukan itu setelah merebut momentum dari Celtics yang kesulitan mencetak angka di area tripoin.

Pertandingan kembali sengit di kuarter akhir. Celtics memaksa diri untuk mengembalikan keunggulan mereka, tetapi Raptors juga mempertahankan kondisi di atas angin. Kedua tim lagi-lagi berbalas poin sehingga skor tidak terpaut jauh.

Di saat-saat sengit, Leonard dkk. rupanya berhasil mengatasi tekanan. Mereka terus menjaga keunggulan meski berkali-kali diputus momentumnya. Mereka pun menang 113-101.

Dengan kemenangan ini, Raptors memetik dua hasil positif dari dua pertandingan pertamanya. Selanjutnya, Raptors akan melawan Washington Wizards besok sementara Celtics harus menghadapi New York Knicks di saat yang sama.

Hasil pertandingan lainnya:

Charlotte Hornets 120-88 Orlando Magic

Brooklyn Nets 107-105 New York Knicks

New Orleans Pelicans 149-129 Sacramento Kings

Minnesota Timberwolves 131-123 Cleveland Cavaliers

Memphis Grizzlies 131-117 Atlanta Hawks

Milwaukee Bucks 118-101 Indiana Pacers

Foto: NBA

Komentar