IBL

New Orleans Pelicans menghadapi situasi sulit tentang masa depan Jrue Holiday. Di satu sisi, mereka punya garda veteran yang tampil konsisten. Di sisi lain, Holiday membebani keuangan Pelicans. Sementara itu, Miami Heat ingin mendapatkan Holiday lewat pertukaran pemain. Tapi Pelicans meminta Tyler Herro sebagai gantinya.

Jrue Holiday punya kontrak senilai AS$131 juta selama lima tahun dengan Pelicans. Kontrak tersebut sudah dijalani selama tiga tahun. Jadi untuk mempertahankan Holiday selama dua tahun berikutnya, Pelicans harus mengeluarkan uang AS$52,4 juta. Jumlah yang besar untuk garda veteran berusia 30 tahun. Awalnya, Pelicans melihat Holiday sebagai bintang utama di tim tersebut, saat masih ada Anthony Davis dan DeMarcus Cousins. Tetapi lambat laun, Holiday tidak bisa menjadi pemimpin bagi timnya. Terutama setelah Anthony Davis pindah ke Los Angeles Lakers.

Holiday memang tidak setenar Russell Westbrook atau Chris Paul di NBA. Tetapi dia sudah menjadi pemain yang paling konsisten di liga selama bertahun-tahun. Dalam lima musim terakhir, Holiday memiliki rata-rata 15 poin dan enam asis per gim. Holiday juga mampu membuat 1,5 steal per gim selama sembilan dari 11 musim sebagai pemain profesional. Tetapi dengan bayaran AS$26,2 juta per tahun, harga Holiday terlalu mahal untuk seorang garda utama (point guard).

Pelicans kini mengalihkan fokus membangun tim masa depan. Berbekal tiga bintang muda yaitu Zion Williamson, Brandon Ingram, dan Lonzo Ball. Mereka ingin menambahkan pemain muda lainnya agar Pelicans tampil lebih segar. Mereka juga mendatangkan kepala pelatih baru yaitu Stan Van Gundy. Shams Charania dari The Athletic melaporkan bahwa Pelicans akan melepaskan Holiday. Banyak yang berminat mendapatkannya. Namun Pelicans memasang harga tinggi untuk Holiday.

Pada Februari 2020 lalu, Zach Lowe dari ESPN pernah menulis Miami Heat tertarik merekrut Jrue Holiday. Tetapi kini situasi tersebut makin sulit mengingat Pelicans meminta Tyler Herro sebagai gantinya. Pelicans mau menukar Jrue Holiday dengan pemain dari Heat berapa pun jumlahnya, asalkan ada nama Tyler Herro. Heat memang tidak akan melibatkan Jimmy Butler dan Bam Adebayo dalam perdagangan apapun. Tetapi melepaskan Herro dan Duncan Robinson juga bukan keputusan mudah. Sebab dua bintang muda itu bisa jadi aset masa depan Heat.

Ira Winderman dari Sun Sentinel justru menyarankan Heat untuk melepaskan Herro dan menukarnya dengan Holiday. Penulis khusus Miami Heat tersebut melihat bahwa Holiday bisa jadi pasangan yang hebat untuk Jimmy Butler. Musim lalu (2019-2020), Holiday mencetak rata-rata 19,1 poin, 4,8 rebound, dan 6,7 asis per gim. Holiday jelas bisa membantu Heat untuk kembali ke final NBA musim depan. Ira juga memberi pandangan tentang Tyler Herro. Pemain muda ini mencetak rata-rata 13,5 poin, 4,1 rebound, dan 2,2 asis per gim di musim reguler. Meski Herro bisa jadi aset masa depan Heat, tapi kesempatan untuk mendapatkan Holiday tidak datang dua kali. (tor)

Foto: USA Today

Komentar