IBL

Pertukaran pemain NBA mulai memanas. New Orleans Pelicans dikabarkan mengirim Jrue Holiday ke Milwaukee Bucks, untuk mendapatkan Eric Bledsoe dan George Hill. Holiday sempat diincar oleh Miami Heat dan Philadelphia 76ers. Namun Bucks yang akhirnya mendapatkannya.

Adrian Wojnarowski dari ESPN melaporkan bahwa pertukaran pemain tersebut melibatkan tiga draft pick putaran pertama. Namun Shams Charania dari The Athletic menambahkan, selain tiga draft pick putaran pertama, Pelicans juga menambahkan dua swap pick di masa depan. Banyaknya aset yang diterima Pelicans adalah untuk mengimbangi nilai kontrak Jrue Holiday. Sisa kontrak Holiday di Pelicans senilai AS$52,4 juta dengan durasi dua tahun. Ini menjadi beban bagi Pelicans, mengingat usianya yang sudah memasuki kepala tiga.

Tetapi bagi Bucks, Holiday dianggap mampu menjawab kekurangan mereka. Musim lalu, Holiday mencetak rata-rata 19,1 poin dan 6,7 asis per gim, dengan akurasi tembakan 45,5 persen dan 35,3 persen dari jarak tiga poin. Holiday juga menjadi andalan di pertahanan Pelicans. Holiday mendapatkan dua penghargaan All-Defensive pada musim 2017 dan 2018.

Mengakusisi Holiday adalah langkah manajemen Bucks yang dipimpin manajer umum Jon Horst yang sedang meyakinkan Giannis Antetokounmpo untuk menandatangani perpanjangan kontrak untuk jangka panjang. Antetokounmpo sebelumnya berujar bahwa akan tetap berada di Bucks bila langkah manajemen selaras dengan keinginannya. Bila tidak, maka Antetokounmpo bisa pergi.

Kedatangan Holiday akan memperkuat backcourt Bucks. Mereka sudah berbahaya dalam dua musim terakhir, dan ketika Holiday datang, maka Bucks menjadi ancaman yang lebih hebat lagi di Wilayah Timur. Meski pada akhirnya, Bucks harus rela merogoh kocek lebih dalam lagi.

Holiday akan dibayar AS$25,9 juta untuk musim 2020-2021. Sementara saat dirinya menerima opsi pemain, maka gajinya mencapai AS$26,8 juta untuk musim 2021-2022. Sementara itu, Antetokounmpo dan Holiday sama-sama memenuhi syarat untuk memasuki pasar bursa "free agent" pada 2021. Dengan kata lain, kesempatan Bucks untuk mendapatkan penampilan maksimal dari Antetokounmpo dan Holiday dengan harga normal hanya musim 2020-2021. Karena bila musim depan gagal, maka mereka harus mengeluarkan banyak uang untuk mempertahankan Antetokounmpo dan Holiday.

Baca Juga: Jrue Holiday, Beban Keuangan Pelicans yang Diminati Miami Heat

Di sisi lain, Bucks merelakan Bledsoe dan Hill. Bledsoe adalah pemain bertahan yang kuat, namun punya keterbatasan dalam menyerang. Bledsoe mencetak rata-rata 14,9 poin, 4,6 rebound, dan 5,4 asis per gim di musim 2019-2020. Dia memiliki sisa kontrak tiga tahun dengan nilai AS$54 juta. Sementara itu, Hill juga pemain rotasi andal di Milwaukee, dengan rata-rata 9,4 poin, 3,0 rebound, dan 3,1 asis per gim pada musim lalu. Meski gajinya hanya AS$9,6 juta untuk musim depan, tapi usianya yang sudah 34 tahun membuat Bucks harus melepasnya.

Holiday sudah pindah ke Bucks. Miami Heat dan Sixers harus mengurungkan niatnya. Sama seperti Denver Nuggets dan Brooklyn Nets yang sempat dikaitkan dengan garda veteran tersebut. (tor)

Foto: usa today

Komentar