IBL

Toronto Raptors akhirnya berhasil mencuri kemenangan di Final Wilayah Timur. Mereka menumbangkan Milwaukee Bucks setelah melalui drama dua babak tambahan. Raptors menang 118-112 di Scotiabank Arena, Toronto, Ontario, Kanada, Minggu 19 Mei 2019 waktu setempat.

Kawhi Leonard mencetak 36 poin, 9 rebound, dan 5 asis. Pascal Siakam 25 poin dan 11 rebound. Marc Gasol gemilang dengan 16 poin, 12 rebound, 7 asis, dan 5 blok.

Kyle Lowry menambahkan 11 poin. Norman Powell 19 poin dari bangku cadangan.

Sementara itu, empat starter Bucks menyumbang dobel digit poin untuk tim mereka. Brook Lopez 16 poin dan 6 rebound. Giannis Antetokounmpo dobel-dobel 12 poin dan 23 rebound, plus  7 asis dan 4 blok. Eric Bledsoe 11 poin. Nikola Mirotic 10 poin.

Poin terbanyak lalu datang dari bangku cadangan. George Hill mencetak 24 poin dan 7 rebound untuk Bucks. Malcolm Brogdon 20 poin. Keduanya menjadi pelapis penting di pertandingan ini. Namun, mereka harus tunduk di hadapan Raptors dan pendukungnya di Toronto.

Raptors membuka pertandingan dengan gemilang. Mereka unggul 30-21. Gasol panas sejak awal. Ia mencetak 8 poin, 3 rebound, dan 4 asis. Powell menambahkan 10 poin dari bangku cadangan.

Raptors kemudian harus bersaing sengit. Sebab, Bucks mulai menekan di kuarter dua. Antetokounmpo menunjukkan tindak tanduknya. Namun, Raptors masih mampu bertahan dengan keunggulan 58-41. Mereka punya Leonard dan Siakam yang juga ikut panas.

Di kuarter tiga, Bucks mencoba meretas kembali pertahanan Raptors. Mereka berhasil mendulang 24 poin. Sayangnya, itu belum cukup untuk menggulingkan Raptors. Tim asal Toronto itu masih unggul 77-65.

Kendati demikian, Bucks tidak juga menyerah. Mereka terus menekan Raptors. Antetokounmpo sudah mengumpulkan dobel-dobel 12 poin dan 18 rebound. Bucks mendekat 86-88.

Raptors sempat menjauh lagi 96-91, tetapi Bucks rupanya kembali mengejutkan mereka. Middleton berhasil menyamakan kedudukan. Ia mengambil bola pantul dari layup-nya yang gagal, dan memasukkan bola di sisa 2,2 detik.

Skor imbang 96-96. Pertandingan mesti berlanjut ke babak tambahan.

Di babak tambahan, Danny Green mencetak poin pertamanya untuk Raptors di pertandingan ini. Tuan rumah pun unggul 99-96. Sayangnya, itu belum cukup untuk menghentikan Bucks. Tim asal Milwaukee itu masih mampu memberikan perlawanan.

Hill menyamakan kedudukan lewat dua tembakan gratis di sisa 14,5 detik. Kedudukan 103-103. Pertandingan mesti berlanjut ke babak tambahan kedua.

Raptors kemudian unggul 11-7 di babak tambahan kedua. Skor sementara 114-110. Bucks lantas mengambil jeda (timeout) untuk mengatur ulang permainan. Mereka tidak ingin menyerah begitu saja.

Sayangnya, upaya Bucks gagal. Mereka tidak mampu mengambil alih pertandingan. Raptors bertahan. Mereka menutup pertandingan dengan skor 118-112.

Kini kedudukan berubah 1-2. Raptors akan kembali menghadapi Bucks di Toronto lusa. (GNP)

Foto: NBA

Komentar