IBL

Lanjutan IBL 2020 dibatalkan pada Rabu, 7 Oktober lalu. Jadi para pemain dari klub kontestan liga sudah masuk masa libur kompetisi. Oleh sebab itu, Timnas Indonesia bisa memanggil pemain-pemain untuk diseleksi dalam pemusatan latihan di Bandung.

Tiga pemain yang dipanggil seleksi yaitu Widyanta Putra Teja dari NSH Jakarta, Juan Laurent Kokodiputra dari Satria Muda Pertamina Jakarta, dan Govinda Julian Saputra dari Pelita Jaya Bakrie. Tiga pemain muda tersebut akan bergabung dengan tim asuhan Rajko Toroman di Bandung mulai Senin, 12 Oktober 2020.

"Betul, saya dipanggil timnas. Hari ini, saya berangkat ke Bandung," tutur Widyanta kepada mainbasket, Minggu sore, 11 Oktober 2020.

"Seperti biasanya, saya akan memberikan yang terbaik untuk Timnas Indonesia. Tetapi yang penting, saya bisa belajar banyak ilmu. Selain itu, tujuan utamanya tentu bisa punya kesempatan membela timnas di ajang internasional seperti FIBA Qualifiers," imbuh Widi.

Sementara itu, Timnas Indonesia memang punya kuota 15 pemain untuk pemusatan latihan. Saat ini dari jumlah itu baru terisi 12 pemain saja. Karena ada pembatalan liga, maka timnas bisa memanggil para pemain tersebut.

"Kuotanya 15 pemain, saat ini sudah ada 12 pemain. Sehingga kami memutuskan untuk menambah tiga pemain di masing-masing posisi yaitu point guard, small dan big man. Sesuai dengan kebutuhan tim," ujar Fareza Tamrella selaku Manajer Timnas Indonesia.

Fareza menjelaskan bahwa pertimbangan tiga pemain itu dipanggil untuk seleksi adalah penampilan mereka di liga. Terutama saat melawan Indonesia Patriots di musim reguler IBL 2020. Widyanta dan Juan Laurent juga sudah pernah mengikuti seleksi timnas sebelumnya. Jadi mereka sudah tahu sistem permainan yang diterapkan oleh Rajko Toroman. Sedangkan Govinda menjadi wajah baru di seleksi timnas ini. (tor)

Baca Juga: Timnas Indonesia TC di Bandung

Foto: IBL Indonesia

Komentar