IBL

Penggemar Golden State Warriors tak sabar ingin menyaksikan Stephen Curry, Klay Thompson, dan Draymond Green tampil lagi. Sebaliknya, jajaran manajemen dan pelatih Warriors justru berharap melihat transformasi Andrew Wiggins. Sebab mereka sedang melatih Wiggins untuk memperkuat pertahanan Warriors. Sementara itu, urusan mencetak poin diserahkan Curry dan Thompson.

Wiggins menjadi pemain pilihan pertama dalam Draft NBA 2014. Pemain asal Kanada tersebut dipilih oleh Cleveland Cavaliers, yang mengirimnya ke Minnesota Timberwolves untuk mendapatkan Kevin Love. Wiggins membela Timberwolves hingga tahun 2020. Pada 6 Ferbruari lalu, Wiggins ditukar dengan Jacob Evans, D'Angelo Russell, dan Omari Spellman ke Warriors.

Wiggins semakin bagus di Warriors. Kondisi tim yang genting karena badai cedera, mengubah Wiggins jadi pemain yang penting bagi Warriors. Namun untuk musim depan, manajemen dan staf kepelatihan sudah punya skenario baru. Menyusul kembalinya Curry dan Thompson musim depan.

Mereka tidak akan meminta Wiggins mencetak 20 poin per gim seperti Curry atau Thompson. Wiggins diminta memperkuat pertahanan. Karena di situ titik masalah Warriors musim ini.

"Wiggins sangat berbakat dalam menyerang, tapi dia bisa bertahan lebih baik. Para pelatih siap memberikan petunjuk bagaimana cara bertahan yang baik. Bila dia punya kemauan, maka Wiggins akan bisa menjadi pemain yang bagus dan aset tim untuk masa depan," kata asisten pelatih Warriors, Leandro Barbosa, dalam wawancara dengan NBC Sports.

Sementara dari manajemen, Wiggins bisa dimasukkan dalam rencana jangka panjang Warriors. Kirk Lacob selaku Wakil Presiden Operasi Bola Basket Warriors punya rencana untuk Wiggins. Lacob menilai bahwa Wiggins pemain berbakat dengan nilai kontrak yang sangat terjangkau. Warriors hanya mengeluarkan AS$30 juta untuk musim depan. Sementara itu, masa kontrak Wiggins masih panjang hingga tahun 2023. Warriors tidak akan melepaskan Wiggins begitu saja.

"Saya ingin melihatnya bermain dan membantu kami memenangkan pertandingan. Kami semua tahu Andrew Wiggins berbakat, dan yang saya mau, dia bisa membuat dirinya berarti bagi tim ini," kata Kirk Lacob, seperti dilansir dari ESPN.

"Saya tidak peduli dengan poin rata-rata, rebound, steal atau blok Wiggins. Saya hanya ingin dia membantu pertahanan kami. Maka dia akan bahagia pada akhirnya nanti."

Wiggins bermain untuk dua tim musim ini. Dia tampil 42 gim bersama Minnesota Timberwolves dengan mencetak rata-rata 22,4 poin, 5,2 rebound, dan 3,7 asis per gim. Setelah pindah ke Warriors, dia sempat bermain 12 pertandingan sebelum pandemi virus korona melanda. Wiggins mencetak rata-rata 19,4 poin, 4,6 rebound, 3,6 asis, 1,3 steal, dan 1,4 blok per gim. Catatan steal dan blok tertinggi sepanjang kariernya.

Andrew Wiggins punya fisik yang bagus sebagai pemain bertahan. Itu salah satu alasan mengapa dirinya terpilih menjadi pemain peringkat pertama dalam Draft NBA. Warriors berharap Wiggins bisa mengembangkan kemampuan bertahannya musim depan. (tor)

Foto: NBCSports

Komentar