IBL

Akhirnya Los Angeles Lakers resmi masuk Playoff NBA sebagai unggulan ketujuh. Tembakan tripoin LeBron James di sisa 58 detik, menyudahi perlawanan Golden State Warriors. Tuan rumah menang dengan skor 103-100 di Staples Center dalam pertandingan Play-In Tournament, Rabu malam, waktu setempat. Meski kalah, Warriors tidak langsung tersingkir. Mereka punya kesempatan untuk memperebutkan tiket playoff terakhir di Wilayah Barat melawan Memphis Grizzlies.

LeBron James menjadi penentu kemenangan dengan tembakan tripoin dari jarak yang jauh. LeBron menyelesaikan laga dengan catatan tripel-dobel (22 poin, 11 rebound dan 10 asis). Anthony Davis menyumbang 25 poin dan 12 rebound, sementara Alex Caruso membantu memperkuat pertahanan Lakers di babak kedua, serta mencetak 14 poin. Dennis Schroder yang belum fit seratus persen setelah 10 hari dikarantina, mencetak 12 poin. Lalu Kentavious Caldwell-Pope menambahkan 10 poin.

Pergelangan kaki LeBron tampak belum sempurna. Selain itu, sempat ada kabar kalau Anthony Davis mengalami masalah di bahu sebelum gim dimulai. Namun semua itu tidak terlihat di pertandingan. Keduanya masih bisa tampil dengan baik dan berhasil memenangkan pertandingan penting tersebut.

"Semakin sedikit dia (Stephen Curry) punya kesempatan menembak, maka semakin kecil kemungkinan mereka menang. Tapi jelas, lawan kami bukan tim sembarangan. Mereka tim yang lengkap dan bagus," kata Frank Vogel, kepala pelatih Lakers, sebelum laga dimulai.

Strategi menahan Curry terbukti sukses. Efektifitas Warriors menurun, dan Curry harus melewati tujuh menit, untuk mendapatkan poin pertamanya. Meski terlambat, Curry mampu menyak 37 poin. Dia juga membuat dua tembakan gratis yang menyamakan kedudukan jadi 100-100 di sisa satu menit terakhir. Andrew Wiggins tampil bagus dengan sumbangan 21 poin. Disusul Jordan Poole dan Kent Bazemore yang masing-masing mencetak 10 poin.

Meski kalah, Curry dan kawan-kawan punya satu nyawa lagi. Mereka masih bisa lolos ke playoff dengan syarat memenangkan pertandingan melawan Memphis Grizzlies, Jumat malam, waktu setempat. Sebelumnya, Grizzlies mengirim San Antonio Spurs pulang lebih awal, lewat kemenangan 100-96.

Baca juga: Digdaya di Kuarter Pertama, Grizzlies Kirim Pulang Spurs

Situasi di Play-In Tournament Wilayah Barat ini menegangkan bagi penggemar Lakers. Karena, seandainya Lakers memenangkan lebih banyak pertandingan di sisa musim reguler, mereka tidak akan berada di zona Play-In Tournament. Sementara bagi Warriors, melawan Lakers bukan perkara mudah.

"Tidak ada tantangan yang lebih besar dalam bola basket daripada mencoba mengalahkan LeBron (James)," ujar kepala pelatih Steve Kerr. "Dia adalah atlet brilian dan atlet terhebat di planet ini."

Berkat kemenangan tersebut, Lakers langsung meluncur ke babak playoff sebagai unggulan ketujuh. Lawannya nanti adalah Phoenix Suns, tim unggulan kedua di klasemen Wilayah Barat. Suns unggul head-to-head (2-1) atas Lakers di musim reguler 2020-2021. Pertandingan playoff antara Lakers dan Suns akan digelar Minggu, 23 Mei 2021, waktu Amerika Serikat. (tor)

Foto: ESPN

Komentar