IBL

Masa-masa Victor Oladipo dengan Indiana Pacers bisa dibilang berjalan penuh suka dan duka. Datang tiga musim lalu dari pertukaran dengan Oklahoma City Thunder, Oladipo langsung tampil trengginas memimpin Pacers dengan catatan 23,1 poin, 5,2 rebound, 4,3 asis, dan 2,4 steal per gim. Catatan yang membuatnya langsung menjadi All Star untuk kali pertama sepanjang kariernya.

Musim kedua terlihat seolah Oladipo akan mengulangi prestasinya. Namun, petaka datang. Oladipo mengalami cedera tempurung lutut yang cukup parah. Oladipo memang tetap terpilih di All Star tapi ia tidak tampil. Buruknya lagi, cedera tersebut memakan waktu sampai 317 hari untuk akhirnya Oladipo kembali bermain dengan seragam Pacers.

(Baca juga: Misi Victor Oladipo Setelah Kembali dari Cedera Panjang)

Tidak sampai dua bulan Oladipo kembali, NBA memutuskan hiatus karena pandemi virus korona yang semakin menjadi-jadi. Musim comeback Oladipo harus tertunda hingga akhir bulan Juli di mana NBA melanjutkan musim dengan sistem “gelembung”. Sayangnya, di “gelembung” Oladipo gagal bersinar, bahkan kalah bersinar dengan T.J. Warren. Pacers lantas juga terkena sapu bersih atas Miami Heat di putaran pertama playoff yang berujung pada pemecatan kepala pelatih mereka Nate McMillan.

Rangkaian cerita ini lantas memunculkan spekulasi kencang tentang masa depan Oladipo. Terbaru, The Athletic melaporkan bahwa Oladipo sedang membuka kemungkinan untuk keluar dari Pacers di masa jeda NBA nanti. Pun demikian, nasib Oladipo sepenuhnya ada di tangan Pacers karena ia masih di bawah kontrak hingga 2021.

Artinya, Oladipo hanya punya satu cara untuk keluar dari Pacers musim depan dengan cara pertukaran pemain. Jika Pacers tak menemukan rekan pertukaran yang baik, Oladipo harus menahan hasratnya untuk pindah tim hingga satu musim ke depan. Di sisi lain, Pacers diyakini akan berusaha menukar Oladipo jika ia memang tidak betah. Pasalnya, opsi ini jauh lebih baik ketimbang membiarkan Oladipo pergi begitu saja satu tahun kemudian.

(Baca juga: Victor Oladipo Cedera, Indiana Pacers Tetap Menang)

Namun, kondisi ini belum final. Ada tiga faktor yang bisa mengubah skenario ini. Pertama adalah kesehatan Oladipo sendiri. Sanggupkah ia kembali ke level permaianan terbaiknya. Jika sanggup, rasanya Pacers justru akan memberinya perpanjangan kontrak. Faktor kedua adalah pelatih baru Pacers. Jika sosok yang mereka pilih tepat, bukan tidak mungkin Oladipo akan mengurungkan niatnya berpindah tim. Terakhir tentunya adalah prestasi. Andai Oladipo dan Pacers bisa meningkatkan pencapaian mereka, kemungkinan keduanya untuk tetap bersama diyakini akan meningkat. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar