IBL

Tidak sampai 24 jam setelah komentar buruknya di hadapan awak media, James Harden akhirnya resmi angkat kaki dari Houston Rockets. Rockets akhirnya berhasil mengakomodir keinginan bintang mereka tersebut untuk hengkang dengan melibatkan tiga tim sekaligus. Tiga tim tersebut adalah Brooklyn Nets, Cleveland Cavaliers, dan Indiana Pacers. Kabar ini pertama kali disampaikan oleh The Athletic.

Menariknya, Nets yang memang sudah disangkut-pautkan dengan Harden sejak jeda musim lalu tak perlu melepas dua bintang utama mereka, Kevin Durant dan Kyrie Irving. Ya, kesepekatan ini membuat Nets melepas Caris LeVert, Jarrett Allen, Taurean Prince, dan Rodions Kurucs.

Allen dan Prince ke Cavaliers sedangkan LeVert, Kurucs, dan empat hak memilih putaran pertama (2022, 2024, 2026) serta empat hak tukar urutan pilih putaran pertama (2021, 2023, 2025,2027) jadi milik Rockets. Tak berhenti di situ, Rockets langsung bergerak cepat dengan menukar LeVert plus satu hak memilih putaran kedua ke Pacers untuk seorang Victor Oladipo. Satu-satunya pemain yang dilepas Cavaliers adalah Dante Exum.

(Baca juga: James Harden Menyerah atas Rockets)

Kesepakatan ini dengan resmi mengakhiri era Harden di Rockets dan membuatnya reuni dengan rekan lamanya di Oklahoma City Thunder, Kevin Durant. Perlu diketahui, Harden dan Durant adalah dua pemain paling subur dalam 11 tahun terakhir. Di kurun waktu tersebut, keduanya berhasil menjadi top skor NBA sebanyak tujuh kali. Sejak 2013, Harden menorehkan rataan 29,6 poin sedangkan Durant 27,7 poin per gim.

Di sisi lain, untuk Rockets kesepakatan ini benar-benar menandai pembangunan ulang (rebuild) skuat besar-besaran mereka. Manajer umum, kepala pelatih, dan poros utama tim yang baru bisa membuat Rockets tidak lagi menjadi pesaing di Wilayah Barat untuk musim ini. Namun, dengan deretan hak memilih dan fleksibilitas ruang gaji yang mereka punya, bukan tidak mungkin Rockets sudah akan kembali mengancam musim depan.

Bagi Cavaliers, kedatangan Allen sebenarnya cukup menarik mengingat mereka sudah punya Andre Drummond, Kevin Love, dan JaVale McGee di posisi ini. Namun, dengan usia Allen yang masih 22 tahun dan akan menjadi pemain bebas musim depan, Cavaliers tidak terikat dengan pemain berambut kribo ini.

Sedangkan untuk Pacers, kehadiran Caris LeVert jelas membuat barisan lapangan belakang mereka semakin menarik. Malcolm Brogdon, LeVert, Justin Holiday, Domantas Sabonis, dan Myles Turner, akan menjadi susunan pemain yang menarik ditonton. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar