IBL

Setelah menjalani musim yang mengecewakan, Philadelphia 76ers berencana membangun kembali timnya di jeda kompetisi tahun ini. Musim 2019-2020 berakhir dengan kekalahan menyakitkan (0-4) dari rival sengitnya, Boston Celtics, pada playoff putaran pertama. Ini membuat kepala pelatih Brett Brown yang sudah membina tim selama tujuh tahun mengundurkan diri. Sixers kini berencana membongkar tim, yang kemungkinan besar tidak akan melibatkan Al Horford.

Manajer umum Philadelphia 76ers, Elton Brand, mendapatkan kritik pedas atas langkah yang diambilnya musim lalu. Dia dianggap salah ketika memberikan kontrak fantastis untuk dua pemain All-Star tahun lalu, Al Horford dan Tobias Harris.

Horford diberi kontrak senilai AS$81 juta dengan durasi tiga tahun. Sedangkan Harris menerima AS$147 juta dengan durasi empat tahun. Langkah tersebut tidak membuahkan hasil. Justru mereka bermain buruk di playoff sehingga Sixers tersingkir di fase pertama. Elton Brand juga disalahkan karena memilih Harris ketimbang Jimmy Butler. Kini Butler malah jadi primadona di Miami Heat karena berhasil membawa mereka sampai ke final Wilayah Timur menghadapi Celtics.

Horford tampil 67 pertandingan musim reguler dengan rata-rata statistik 11,9 poin, 6,8 rebound, dan 4,0 asis per gim. Sedangkan dalam empat gim playoff, dia mencetak rata-rata 7,0 poin, 9,0 rebound, dan 4,4 asis per gim. Sementara Harris mencetak rata-rata 19,6 poin, 6,9 rebound, dan 3,2 asis dalam 72 pertandingan musim reguler. Lalu di playoff 2020, Harris mencetak 15,8 poin, 9,5 rebound, dan 4,0 asis per pertandingan.

Rumor perdagangan Sixers langsung tercium media-media olahraga Amerika Serikat. Al Horford menjadi pemain pertama yang dikabarkan bakal dilepas Sixers, karena tingginya gaji yang diterima.

Kabar baiknya, ada tim yang bersedia membawa kontrak Horford. Salah satunya adalah Houston Rockets. Mereka bersedia mengirim menukar Horford dengan Eric Gordon, Chris Clemons, Ben McLemore, dan David Nwaba. Rockets kekurangan pemain di area kunci. Kekurangan tersebut terlihat di playoff. Mungkin dengan menambahkan Horford, Rockets bisa mendapatkan kembali kekuatan di paint area. Keuntungan bagi Sixers, mereka bisa mengurangi beban gaji. Sebab, Sixers berencana membeli pemain berlabel bintang yang akan membantu Ben Simmons dan Joel Embiid.

Selain Rockets, Sixers juga berkomunikasi dengan tim lain. Intinya, mereka ingin segera melepaskan Horford dan mendapatkan sedikit uang hasil dari perdagangan ini. Sejauh ini, hanya Rockets yang berani memberi Sixers penawaran tanpa merugikan kedua belah pihak. (tor)

Foto: NBA

Komentar