IBL

Bintang Dallas Mavericks Luka Doncic, di musim keduanya mampu membuat lompatan besar dengan masuk ke jajaran pemain elit NBA. Doncic finis di urutan keempat dalam voting MVP dan First Team All-NBA padahal usianya masih 21 tahun. Dewan Eksekutif NBA akhirnya memilih Doncic sebagai pemain terbaik di bawah 25 tahun.

Michael Scotto dari Hoopshype melakukan poling dengan cara menanyakan kepada 15 eksekutif liga, termasuk empat manajer tim NBA. Mereka semua sepakat bahwa Luka Doncic adalah pemain terbaik yang sudah mencuri perhatian.

"Bagi saya, Luka adalah yang jelas nomor satu," kata seorang manajer tim. "Dia pemain yang bisa menjadi pawang bola. Dia pandai mencetak poin, bahkan di level tertinggi. Memiliki mental bermain yang kuat dan sangat pintar. Dia akan menjadi pemenang di semua penghargaan individu, dan mungkin akan jadi juara NBA suatu saat nanti."

Pemain Boston Celtics Jayson Tatum berada di urutan kedua, lalu garda Phoenix Suns Devin Booker di urutan ketiga, diikuti oleh Ja Morant (Memphis Grizzlies), Donovan Mitchell (Utah Jazz), dan Bam Adebayo (Miami Heat). Menariknya, justru mereka tidak memilih Zion Williamson yang jelas-jelas menduduki peringkat teratas dalam Draft NBA 2019.

Zion Williamson berada di puncak poling ini setahun yang lalu. Lantas, penilaian eksekutif NBA berubah dia hanya memainkan 19 pertandingan bersama New Orleans Pelicans di musim reguler. Zion juga melambat ketika tampil di "gelembung" NBA, sehingga muncul kekhawatiran tentang kondisi kesehatannya untuk jangka panjang.

"Zion seoranag finisher yang bagus. Secara offensive di bisa menyelesaikan dengan baik. Dia juga bisa dominan karena fisiknya. Tetapi sudah ada masalah dengan badannya. Zion akan selalu berurusan dengan cedera," ungkap salah satu manajer tim kepada Hoopshype.

Mungkin bila Zion memiliki satu musim yang dominan, maka pilihan eksekutif NBA tetap condong padanya. Tetapi Doncic bermain di level MVP, yang membuat pandangan eksekutif NBA berubah. Mavericks bisa membangun tim yang lebih kompetitif di masa depan. (tor)

Foto: NBA

Komentar