IBL

Nikola Jokic mencetak sejarang dengan mencetak tripel dobel, 16 poin, 22 rebound, dan 13 asis dalam 31 menit. Jamal Murray menyelesaikan gim ketujuh dengan torehan 40 poin. Lewat performa dua pemain tersebut, Denver Nuggets memulangkan LA Clippers, dengan kemenangan 104-89, di gim terakhir semifinal Wilayah Barat, Selasa, 15 September waktu setempat. Nuggets unggul agregat 4-3 atas Clippers. Kini mereka siap menantang Los Angeles Lakers di final Wilayah Barat.

Jokic jadi pemain pertama dalam sejarah NBA yang membuat lebih dari 20 rebound di gim tujuh playoff. Catatan tersebut membuatnya sejajar dengan Tim Duncan dan Kevin Garnett yang pernah mencatatkan rekor serupa. Jokic juga menjadi pemain pertama yang mencetak dua kali tripel dobel di gim ketujuh. Sementara itu, Murray adalah pemain termuda pertama dalam sejarah NBA yang mencetak 40 poin di gim ketujuh. Catatan itu mengalahkan rekor yang pernah dibuat oleh LeBron James.

Nuggets adalah tim pertama dalam sejarah NBA yang selamat dari ketertinggalan 1-3 lebih dari sekali dalam satu edisi playoff. Jokic dan Murray menjadi dua pemain yang memenangkan gim ketujuh paling banyak di liga yaitu tiga kali. Catatan ini mengalahkan Michael Jordan yang pernah menang dua kali di gim tujuh.

Nuggets berhasil menahan bintang Clippers Kawhi Leonard dan Paul George. Mereka hanya mengumpulkan 24 poin melalui 10 dari 38 percobaan tembakan. Kawhi mencetak 14 poin, dan George menambahkan 10 poin saja. Justru malah Motrezl Harrell yang kali ini bisa mencetak 20 poin untuk Clippers.

Murray dan Jokic membalik kedudukan di kuarter ketiga. Jerami Grant, Paul Millsap dan Gary Harris membantu mengurangi defisit tujuh poin, sehingga Nuggets bisa berbalik memimpin. Saat kuarter ketiga usai, Nuggets unggul 82-74.

Pelatih Nuggets Michael Malone tampak santai menanggapi wawancara sebelum kuarter keempat dimulai.

"Kami tidak pernah tekanan dalam diri kami. Justru lawan yang mungkin tertekan dengan kondisi seperti ini," kata Malone.

Michael Malone tampak gembira setelah memastikan lolos final Wilayah Barat. Sebab itu jadi kado ulang tahun ke-49. Sementara dua bintang Nuggets, Jokic dan Murray, mengaku sudah siap berhadapan dengan Lakers di final wilayah. Mereka tampak senang karena berhadapan dengan tim kuat lainnya di liga musim ini. Jokic menganggap itu sebagai tantangan. Sementara bagi Clippers, ini memperpanjang rekor kegagalan klub. Mereka belum pernah mencapai final wilayah dalam lima musim terakhir. (tor)

Foto: NBA

Komentar