IBL

Gubernur DKI Jakarta, Anis Baswedan sudah membuat keputusan akan kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai Senin, 14 September 2020. Nasib kelanjutan kompetisi IBL 2020 yang rencananya akan digelar 13-27 Oktober di Mahaka Square Arena, juga bakal kena imbasnya. Oleh sebab itu, liga sedang melakukan koordinasi ulang dengan piahk-pihak terkait.

"Kami harus melakukan koordinasi ulang kembali dengan pihak-pihak terkait, meskipun IBL sudah memasuki tahap akhir persiapan teknis serta pra-simulasi di lokasi," kata Junas Miradiarsyah selaku Direktur IBL, Jumat, 11 September 2020.

"Kami belum tahu sampai kapan PSBB akan dilakukan serta bagaimana dengan rekomendasi instansi-instansi terkait yang telah didapatkan. Dalam beberapa hari ke depan, kami berupaya mendapatkan arahan atas kemungkinan perkembanganya."

Persiapan lanjutan IBL sudah matang. Hingga pertengahan September ini liga sudah berkomunikasi dengan instansi seperti BNPB, Dinas Kesehatan DKI, Satuan Gugus Tugas Covid-19 dan lainnya.

"Kami ingin memastikan tak ada celah dalam penyelenggaraan nanti. Harapannya dengan melakukan simulasi, perbaikan akan terus bisa dilakukan dan mencapai kesempurnaan saat penyelenggaraan nanti," ujarnya.

Namun, dengan ditetapkannya kembali PSBB saat ini akan berdampak besar kepada persiapan karena terkait pembatasan kapasitas hotel sebagai rencana fasilitas karantina, fasilitas lapangan latihan dan banyak aspek lainnya. Kekhawatiran juga datang dari arena sendiri. Karena akan menjadi tempat berkumpulnya orang banyak.

"Setelah seluruh informasi lengkap kami dapatkan dari instansi terkait, kami akan informasikan setiap perkembangan terbaru kepada para klub dan termasuk potensi kemungkinan lainnya yang memungkinkan. Kami akan terus berupaya maksimal," katanya.

Salah satu hal yang jelas akan terpengaruh dengan berlakunya PSBB adalah agenda latihan tim-tim peserta di wilayah DKI Jakarta. Mereka yang sudah mulai berlatih akan kembali melakukan PSBB. Jelas akan mengganggu persiapan tim menuju lanjutan IBL bulan depan. (tor)

Foto: IBL Indonesia

Komentar