IBL

Brooklyn Nets harus merogoh kocek jutaan dolar untuk mendapatkan tanda tangan Kevin Durant pada pasar pemain bebas agent 2019 lalu. Mereka juga merekrut Kyrie Irving dan DeAndre Jordan untuk membuat komposisi terbaik. Sayangnya, hal itu belum terjadi musim ini. Sementara di bagian lain, New York Knicks dikaitkan dengan rumor pembelian Durant. Tetapi Durant sendiri menegaskan bahwa dirinya akan tetap di Nets musim depan.

Kepala pelatih LA Clippers, Doc Rivers mengatakan dalam podcast The Boardroom bahwa dirinya mengira Durant akan merapat ke Knicks. Bila itu terjadi, Durant akan menjadi "Raja New York City".

"Awalnya, saya berpikir begitu. Durant bisa menjadi raja di New York. Saya berpikir dia akan pergi ke Knicks. Tetapi itu tidak pernah terjadi," katanya.

Setelah selama berbulan-bulan rumor itu muncul di tahun 2019, akhirnya kini muncul lagi. Ini karena Kevin Durant sudah sembuh dari cedera Achilles. Faktor yang membuat Knicks ragu mengontraknya musim lalu. Namun kabar tersebut segera ditepis oleh Durant, yang mengatakan dirinya tidak akan kemana-mana.

Faktanya, Nets belum pernah mendapatkan trofi Larry O'Brien. Mereka nyaris mendapatkannya dua kali tapi gagal. Di awal tahun 2000-an, Jason Kidd memimpin Nets ke dua gim final beruntun (2001-2002 dan 2002-2003), tapi justru gagal mendapatkan gelar juara. Sejak saat itu Nets tidak pernah lolos di playoff babak kedua.

Setelah tiga tahun absen di playoff, Nets dengan kekuatan muda dan bersemangat berhasil lolos playoff NBA 2019. Ternyata mereka gugur di putaran pertama setelah kalah 1-4 dari Philadelphia 76ers. Namun, justru di tahun tersebut Durant mulai tertarik untuk menjadi anggota tim ini.

"Saya mengintip ke Knicks, hanya sebagai perbandingan saja. Tetapi saya benar-benar ingin bermain untuk tim hitam dan putih," kata Durant. "Saya menyukai mereka. Brooklyn Nets sedang berkembang, mereka membutuhkan bakat basket baru, serta suntikan tenaga yang baru."

Durant menambahkan, perasaannya saat bergabung dengan Nets, sama dengan yang dirasakan ketika menjalankan proyek di Oklahoma City Thunder beberapa tahun silam.

"Saya pernah di Oklahoma saat mereka mengembangkan tim. Jadi saya tahu seperti apa rasanya, memiliki tim baru," katanya. "Saya sangat bersemangat melakukan hal ini lagi. Brooklyn sama dengan tim baru bagi saya."

Durant akan tampil musim depan bersama Kyrie Irving dan pemain yang ada saat ini. Nets sudah bisa membuktikan diri bahwa mereka mampu bersaing. Buktinya, tanpa Durant dan Irving di lanjutan NBA musim ini, Nets masih bisa bertahan dan tetap bisa ke playoff. (tor)

Foto: NBA

Komentar